Ngaji Bareng ODOJ, Ajakan yang Dimulai Dari Souvenir Pernikahan

1260 views

Dailymoslem – Bagi para muslim dan muslimah yang aktif di media sosial, mungkin sudah sering mendengar nama ODOJ atau One Day One Juz. Komunitas ini memiliki program agar para anggotanya bisa mengaji minimal satu juz dalam satu hari, sehingga bisa mengkhatamkan Qur’an dalam satu bulan.

Siapa yang tahu, komunitas mengaji yang hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 80.000 anggota ini dimulai dengan ajakan mengaji yang diselipkan di buku saku kumpulan do’a, yang merupakan souvenir pernikahan dari salah seorang pendiri ODOJ, yaitu Bhayu Subrata pada tahun 2007.

Di tahun yang sama, rekannya Pratama Widodo juga mulai membuat Fanpage Facebook berjudul One Day One Juz untuk terus melanggengkan ajakan untuk mengaji satu juz setiap hari ini.

Dalam buku saku kumpulan do’a yang disebar di pernikahan Bayu Subrata tersebut, terselip ajakan untuk mengaji sebanyak satu juz dalam sehari untuk dapat mengkhatamkan Qur’an. Begini bunyinya:

“Teknik Mudah Baca Al Quran Harian, rumus 2×5 yakni membaca 2 lembar setelah sholat fardhu 5 waktu. Insya Allah khatam 1 juz dalam 1 hari. Ajak dan motivasi teman anda untuk melakukan yang sama dan buatlah komunitas One Day One Juz ”

Hingga saat ini, teknik tersebut dijalankan oleh seluruh peserta ODOJ untuk dapat mengkhatamkan Qur’an dalam sebulan.

Usaha dari Bayu Subrata dan Pratama Widodo ini terus berkembang semakin besar, hingga apda September 2010 ODOJ mulai menggunakan metode whatsapp yang diperkenalkan oleh sekelompok aktivis Rumah Qur’an dan alumni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

(Baca juga: Inilah Kenapa dalam Islam Nabi Muhammad Bukan Meninggal untuk Menebus Dosa Umat Muslim)

Setiap grup whatsapp terdiri dari 30 orang yang salah seorangnya merupakan admin dari grup tersebut. Meski tidak menargetkan setiap anggotanya untuk khatam Qur’an dalam satu bulan, namun dengan sistem tilawah satu juz per hari yang dilakukan setiap grup, setiap anggota dapat khatam Qur’an selama satu bulan jika mengikuti sistem yang berlaku.

Nah, bagi kamu yang masih memiliki kendala dalam mengatur waktu untuk mengaji, mungkin cara ini bisa menjadi jawabannya. Jika kita bergabung dengan teman-teman yang juga memiliki target yang sama untuk mengkhatamkan Qur’an, tentu kita akan terus merasa diingatkan. Mengaji bersama teman-teman yang memiliki tujuan yang sama juga akan membuat kebersamaan semakin terasa hangat.

Semoga kita selalu dikumpulkan dengan mereka yang mengejar ridha Allah. Aamiin.

(Baca juga: 5 Kebaikan yang Bisa Didapat dengan Membaca Al-Qur’an)

(Visited 488 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]