Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur

1394 views

Dailymoslem – Bagi seorang muslim, tidur bukan hanya melepaskan penat dan mengistirahatkan tubuh. Rasulullah menganjurkan umatnya untuk berdoa dan sebelum tidur agar malaikat selalu menjaga kita ketika tidur.

Jika sebelum tidur kita melakukan ibadah-ibadah tertentu, insha Allah tidur kita akan selalu terjaga dari syaithan yang mengganggu lewat mimpi buruk. Selain berdoa dan berdzikir sebelum tidur, Rasulullah juga mengajarkan umatnya untuk menjaga kesucian dengan berwudhu.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (Q.S Al-Baqarah: 222)

Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam berfirman:

“Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat” (HR. Bukahri dan Muslim).

Di dalam hadist lain juga dikatakan:

“Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu’) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hambaMu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’” (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

Selain berwudhu, Rasulullah juga mengajarkan beberapa amalan lain yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur, yaitu membaca surat Al-Ikhlas, beristighfar untuk seluruh kaum muslimin dan bershalawat kepada Nabi Muhammad dan nabi-nabi yang lain.

(Visited 923 times, 1 visits today)