Kesalahan Menggunakan Minyak Zaitun Yang Sering Dilakukan

105 views Leave a comment
Kesalahan Menggunakan Minyak Zaitun Yang Sering Dilakukan

Dailymoslem – Berbagai manfaat bisa kita dapatkan dari olive oil atau juga dikenal sebagai minyak zaitun. Mulai dari manfaat kecantikan seperti menghilangkan jerawat hingga manfaat bagi tubuh secara keseluruhan. Kandungan polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, dan juga kalsium yang dimiliki minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan.

Sayangnya, ada beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan yang ternyata membuat minyak zaitun kehilangan khasiatnya. Memang terlihat sepele namun berdampak signifikan pada kualitas minyak zaitun itu sendiri.

Kemasan Minyak Zaitun

Minyak zaitun murni sangat rentan dengan oksidasi, oleh karena itu minyak zaitu sebaiknya tidak ditaruh dalam kemasan berwarna bening. Ketika terkena sinar matahari kualitas minyak zaitun akan menurun, sehingga sebaiknya pilih kemasan zaitun dengan warna yang gelap.

Cara meyimpan

Seringkali minyak zaitun disimpan didapur dekat kompor yang panas atau ditempat-tempat yang langsung terkena sinar matahari. Saat terkena panas dari api atau matahari, kandungan polifenol yang berfungsi sebagai anti oksidan akan rusak. Maka simpanlah minyak zaitun ditempat yang tertutup dan terhindar dari sinar matahari dan panas langsung. Termasuk ketika memasak, sebisa mungkin tidak memasaknya dalam suhu yang terlampau panas.

Menganggap semua minyak zaitun sama

Ada dua jenis minyak zaitun dengan kegunaan yang berbeda yaitu untuk food grade dan kosmetik. Minyak zaiktun yang dibuat untuk bahan makanan memang diperbolehkan untuk digunakan sebagai kecantikan. Namun jangan sekali-kali memakai minyak zaitun kosmetik untuk memasak.

Minyak zaitun memiliki waktu kadaluarsa

Kedua jenis minyak zaitun memiliki waktu kadaluarsa, oleh karena itu jika sudah lebih dari 24 bulan sebaiknya dibuang saja. Karena kandungan minyak zaitun pun sudah rusak dan tidak berkhasiat.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan menyangkut minyak zaitun. Semoga bermanfaat.

(Sumber:facetofeet)

 

Baca Juga:

5 Alasan Kecantikan Untuk Tidak Begadang

5 Perawatan Kecantikan yang Menjerumuskan Wanita Ke Neraka

4 Hal Dari Wanita Yang Lebih Dipilih Pria Daripada Kecantikan

6 Perawatan Kecantikan Alami untuk Calon Pengantin yang Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah

5 Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan

(Visited 273 times, 1 visits today)