Kesalahan-Kesalahan Yang Harus Dihindari Ketika Baru Melahirkan

91 views Leave a comment
Setelah melahirkan, biasanya ada beberapa masalah yang dialami oleh para perempuan yaitu sembelit. Susah air besar dan bekas jaitan yang masih ngilu memang terasa menyiksa. Namun, hal itu bisa diatasi dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

DailymoslemSebagai ibu baru, seseorang pasti membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan mengasah kepekaan terhadap apa yang terjadi pada bayi. Senang, bahagian pasti dirasakan ketika mendapatkan anugrah  seorang anak, namun disamping itu, khawatir, cemas dan lelah selalu membayangi setiap hari.

Satu bulan pasca melahirkan adalah waktu yang berat bagi seorang ibu baru. Maka tak jarang banyak yang mengalami baby blues pada saat itu. Kondisi ibu yang masih membutuhkan istirahat setelah melahirkan, diharuskan mengurus bayi yang juga masih beradaptasi dengan dunia baru.

Apalagi bayi yang baru lahir belum memiliki siklus tidur yang benar. Sehingga tak jarang orang tua juga harus ikut-ikutan terjaga pada malam harinya. Nah berikut ini adalah beberapa kesalahan ibu baru yang seharusnya dihindari.

Berusaha terus terjaga dari tidur

Bayi baru lahir memang biasa terus terjaga pada malam hari, siklus tidurnya pun belum benar sehingga membuat para orang tua kebingungan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pintar-pintarlah untuk mencuri waktu tidur siang. Misalnya ketika bayi akhirnya dapat tertidur, atau saat ada orang yang mau untuk menjaganya. Sebaiknya berbagilah tugas dengan suami ketika bayi butuh penjagaan di malam hari. Jangan sampai memaksakan untuk tidak tidur sama sekali ya.

Terlalu khawatir

Sebagai orang tua baru, melihat ada hal yang aneh pada bayi biasanya akan membuat khawatir. Misalnya ketika bayi tidak juga terlelap, atau terus-terusan tertidur. Sebaiknya perhatikan lebih detail gejalanya. Jika memang nampak parah segera hubungi dokter.

Percaya pada setiap orang

Apa yang terjadi pada orang lain dan bagaimana cara menyelesaikannya, mungkin tidak sama dan tidak cocok diterapkan pada apa yang tengah kamu hadapi. Sebaiknya, saring pendapat orang lain terlebih dahulu. Bilah mana yang sekirannya cocok mana yang tidak masuk akal sama sekali. Lebih baik lagi jika kita mempertajam kepekaan terhadap apa yang sebenarnya diinginkan oleh bayi.

Mengabaikan suami

Terlalu fokus pada bayi, membuat banyak perempuan mengabaikan suaminya. Padahal keharmonisan dan keromantisan rumah tangga harus terus dijaga. Ajak suami untuk bersama-sema mengasuh bayi dan carilah waktu senggang untuk mengobrol berdua dengannya.

 

(Visited 946 times, 1 visits today)