Kalimat Dzikir Para Penghuni Syurga

109 views Leave a comment
alhamdulillah

Dailymoslem – Dalam agama Islam ada anjuran untuk selalu berdzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Berdzikir atau mengingat Allah di setiap kesempatan agar selalu terhindar dari prilaku-prilaku yang dilarang oleh agama.

Selain untuk mengingat Allah, kalimat-kalimat dzikir tersebut pun memiliki rahasia dan kekuatan tersendiri yang tidak kita tahu. Salah satu bacaan dzikir yang tergolong ringan dan mudah di ucapkan adalah Alhamdulullah yang berarti ‘segala puji bagi Allah’.

Al-Quran sebagai mukzijat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang masih bisa kita lihat, baca dan pelajari sekarang pun mengajari kita untuk mengucapkan dzikir yang satu ini.

Dan sungguh, jika engkau (Muhammad) tanyakan kepada mereka, ‘Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?’ Tentu mereka akan menjawab, ‘Allah’ Katakanlah, ‘Segala puji bagi Allah’ tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. (Q.S Luqman: 25)

Allah sebagai Tuhan Semesta Alam pun memerintahkan para Nabi untuk mengucap kalimat ini saat mendapat kenikmatan, menyampaikan ke-Esaan Allah dan membicarakan ke-Agungan Allah.

Dan apabila engkau dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas kapal, maka ucapkanlah, ‘Segala puji bagi Allah yang telah Menyelamatkan kami dari orang-orang yang dzalim.” (Q.S Al-Mukminun: 28)

Segala puji bagi Allah yang tidak memiliki anak dan tidak (pula) mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia tidak memerlukan penolong dari kehinaan dan agungkanlah Dia seagung-agungnya.” (Q.S Al-Isra: 111)

“Dan jika kamu bertanya kepada mereka, “Siapakah yang menurunkan air dari langit lalu dengan (air) itu dihidupkannya bumi yang sudah mati?” Pasti mereka akan menjawab, “Allah.” Katakanlah, “Segala puji bagi Allah,” tetapi kebanyakan mereka tidak mengerti. (QS.Al-Ankabut : 63)

Selain itu, para calon penghuni syurga pun mengucapkan kata Alhamdulillah saat berada didepan pintu syurga. Memuji Allah atas segala pentunjuk serta pertolongan yang telah diberikan kepadanya.

Mereka berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang teah Menunjukkan kami ke (syurga) ini. Kami tidak akan mendapat petunjuk sekiranya Allah tidak menunjukkan kami.” (Q.S Al-Araf: 43)

Masya Allah, sugguh sangat luar biasa makna dibalik kata Alhamdulillah. Semoga kita semua termasuk kedalam hamba-hamba yang selalu bersyukur, karena Allah telah berjanji menambahkan kenikmatan bagi mereka yang bersyukur.

Baca Juga:

4 Sifat Khas Para Calon Penghuni Syurga

Kisah Inspiratif: Mendapat Syurga Allah Karena Sabar

Syarat-Syarat Yang Harus Dipenuhi Agar Taubat Diterima

 

(Visited 410 times, 1 visits today)