Jika Tiga Tanda Ini Anda Rasakan, Berarti Anda Tidak Bersyukur Pada Allah

688 views Leave a comment
Jika Tiga Tanda Ini Anda Rasakan, Berarti Anda Tidak Bersyukur Pada Allah

Dailymoslem – Allah telah berjanji untuk memenuhi rezeki makhluknya agar dapat hidup dan beribadah kepada-Nya. Selama ini Allah telah banyak memberikan kenikmatan mulai dari kesehatan, ketenangan juga masalah finansial yang mirisnya tak disyukuri kebanyakan manusia. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Dia telah memberikanmu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadaNya. dan, jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya . Sesungguhnya, manusia itu sangat dzalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (Q.S Ibrahim: 34)

Sayangnya, tidak banyak orang yang sadar bahwa dirinya selama ini tidak pernah bersyukur atau nikmat yang didatangkan kepadanya. Sehingga mereka terus merasa kekurangan dan kepayahan dalam menjalani kehidupannya. Nah, untuk mengetahui apakah diri ini telah banyak bersyukur atau tidak, ketahuilah 3 ciri orang yang tidak bersyukur atas nikmat dan karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Jarang berterimkasih pada sesama manusia

Jika kita sulit berterimakasih pada sesama manusia, itu tandanya kita masih tergolong pada orang-orang yang tidak bersyukur. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang mengatakan,

Siapa yang tidak pandai bersykur (berterimakasih) kepada manusia, berarti ia belum bersyukur kepada Allah.” (HR. Tirmidzi)

Memiliki rasa iri dan dengki di hatinya

Hal ini merupakan salah satu indikator kuat bahwa seseorang tidak bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sifat seperti ini akan membuat kita terus membanding-bandingkan diri dengan orang lain dan merasa tidak puas dengan apa yang dimilikinya.

Hemat ibadah

Selain ibadah wajib yang salah satunya adalah shalat 5 waktu, masih banyak sekali ibadah sunnah lain yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sebagai tanda rasa terimakasih kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

Nah, jika seseorang hanya sedikit beribadah dapat diartikan bahwa ia kurang bersyukur karena ia mengabaikan segala nikmat yang diberikan kepadanya.

 

Jika tiga atau salah satu dari tanda tersebut selama ini Anda rasakan, yuk segera bertaubat dan mulai benahi diri mulai saat ini.

Baca juga:

7 Hal yang Dapat Membuka dan Melancarkan Rezeki

Memakai Hijab Pun Dapat Berpengaruh Pada Rezeki7 Sifat Istri Yang Akan Membuat Suami Sukses

(Visited 851 times, 4 visits today)