Jangan Ikuti Budaya Jahiliyah, Ucapakanlah Kalimat Ini Pada Mereka Yang Menikah

137 views Leave a comment
Jangan Ikuti Budaya Jahiliyah, Ucapakanlah Kalimat Ini Pada Mereka Yang Menikah

Dailymoslem – Ketika ada teman atau kerabat kita menikah, kita kerap kali mengucapkan selamat dengan bahasa sehari-hari yang dianggap sudah lazim. Misalanya “Selamat ya, semoga langgeng sampai kakek nenek dan dikaruniai banyak anak.” Atau juga “Semoga bahagia ya, lancer rezeki dan banyak anak.”

Ya, ucapan selamat seperti itu sudah sangat lazim diucapkan pada mereka yang menikah. Namun tahukah kamu bahwa kaum jahiliyah selalu mengucapkan “Birafa’ wal banin” yang memiliki arti “Semoga mempelai murah rezeki dan banyak anak”.

Dari al-Hasan, bahwa ‘Aqil bin Abi Thalib nikah dengan seorang wanita dari Jasyam. Para tamu mengucapkan selamat dengan ucapan jahiliyah: birafa’ wal banin. ‘Aqil bin Abi Thalib melarang mereka seraya berkata: “Janganlah kalian ucapkan demikian! karena Rasulullah shallallhu ‘alaihi wa sallam melarang ucapan demikian”. Para tamu bertanya :”lalu apa yang harus kami ucapkan, wahai Abu Zaid?”.

Aqil menjelaskan:

“Ucapkanlah : barakallahu lakum wa Baraka ‘alaikum” (mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan). Demikianlah ucapan yang diperintahkan Rasulullah shallallahu wa sallam “. (Hadits Shahih Riwayat ibnu Abi Syaibah, Darimi 2:134, Nasa’I, Ibnu Majah, Ahmad 3:451, dan lain-lain).

Oleh karena itu sebaiknya kita mengucapkan “Baarakallahu laka wa baarakaa ‘alaiyka wa jama’a baiynakumaa fii khoir” kepada mereka yang menikah. Karena kalimat tersebut memiliki arti “mudah-mudahan Allah memberimu keberkahan, mudah-mudahan Allah mencurahkan keberkahan atasmu dan mudah-mudahan dia mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan”

 

 

(Visited 235 times, 1 visits today)