Ibadah yang Bisa Dilakukan Perempuan di Hari Jumat

1250 views

Dailymoslem – Pada saat sekolah, para perempuan mengadakan keputrian saat para lelaki beribadah sholat Jum’at di waktu dzuhur. Setelah di luar sekolah, apa yang bisa kita para perempuan lakukan untuk menikmati keberkahan hari Jum’at?

Hari Jum’at memiliki keistimewaan tersendiri dalam Islam, hari Jum’at juga merupakan salah satu hari besar umat muslim. Berikut ini beberapa ibadah yang bisa dilakukan perempuan di Hari Jum’at.

Membaca Surat Al-Kahfi

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi di hari Jum’at, maka ia akan diberkahi hingg Jum’at berikutnya (Al-Hakim)

Sempatkanlah beberapa menit di sela aktivitas kita untuk membaca paling tidak beberapa penggalan surat Al-Kahfi.

Bersedekah

Ibnul Qayyim berkata: “Sedekah di hari Jum’at dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya.”

(Baca juga: Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat)

Menunggu Waktu Magrib Sambil Berdoa

Di hari Jum’at, ada satu waktu di mana doa yang dipanjatkan di waktu tersebut akan di ijabah, yaitu di waktu setelah ashar dan sebelum maghrib.

Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam Bersabda:

“Sesungguhnya pada hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim berdiri berdoa memohon kebaikan kepada Allah bertepatan pada saat itu, melainkan Dia akan mengabulkannya.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya, yang kami pahami, untuk menunjukkan masanya yang tidak lama (sangat singkat).” (Muttafaq ‘Alaih)

(Baca juga: 14 Waktu yang Baik untuk Berdoa Agar Dikabulkan)

(Visited 1,179 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]