Hindari Stretch Marks Dengan 4 Cara Ini

75 views Leave a comment
Hindari Stretch Marks Dengan 4 Cara Ini

Dailymoslem – Garis putih yang memanjang dengan pola tak beraturan di daerah perut dan paha memang kerap kali muncul ketika seorang wanita mengandung. Ya, stretch marks terjadi karena kulit mengalami peregangan dan menyebabkan jaringan elastis dibawah kulit robek.

Hal ini tentunya membuat banyak wanita merasa kesal karena kulitnya tak seindah dulu. Meski stretch marks tersebut dapat hilang setelah 6-12 bulan pasca melahirkan, namun beberapa kasus strechmark cukup sulit dihilangkan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meinimalisir terjadinya stretch marks, yaitu:

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat

Memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan dapat membantu mencegah terjadinya strechmarks. Selainitu, susu dan telur pun memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kulit dan membantu ibu hamil untuk tetap menjaga kelembaban kulitnya.

Hindari peningkatan berat badan yang ekstrim

Kenaikan berat yang drastic membuat kulit mengalami peregangan yang terlalu cepat sehingga mampu merusak jaringan elastis pada kulit dan menimbulkan stretch marks. Kenaikan normal berat badan ibu hamil adalah sekitar 12 -15 kg.

Penuhi kebutuhan cairan

Robeknya jaringan elastic juga bisa disebabkan karena kekurangan cairan dalam tubuh. Oleh karena sangat dianjurkan untuk mingkonsusmi setidaknya 8 gelas air perhari agar kulit terap terhidrasi dengan baik.

Olahraga ringan

Olahraga dapat membuat sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh lebih lancar sehingga dapat meminimalisir stretch marks. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan di pagi dan sore hari atau olahraga lain yang dianjurkan oleh dokter.

Baca Juga:

Tips Untuk Ibu Hamil Yang Ingin Olahraga

Cara Ampuh Atasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Kondisi Ibu Hamil yang Stress Akan Pengaruhi Pertumbuhan Anak

Flu Ketika Hamil? Ini Cara Aman Mengobatinya

 

(Visited 111 times, 1 visits today)