Hindari Makanan-Makanan Ini Jika Ingin Menstruasi Lancar

125 views Leave a comment
Hindari Makanan-Makanan Ini Jika Ingin Menstruasi Lancar

Dailymoslem – Setiap bulan, wanita akan mengalami proses peluruhan rahim yang sering dikenal dengan sebutan menstruasi. Tak jarang, saat datang menstruasi dapat membuat wanita kesakitan. Contohnya bawah perut yang kram, pegal didaerah punggung dan paham, mual, pusing bahkan hingga menyebabkan keringat dingin.

Nyeri yang dialami tersebut ternyata salah satunya ditimbulkan oleh makanan-makanan yang dikonsumsi sebelum haid atau kurangnya olahraga. Dilansir dari Bold Sky berikut 5 jenis makanan yang sebaiknya dihindari satu minggu menjelang menstruasi.

Minuman berkafein dan teh

Kedua jenis minuman ini memang menjadi favorit banyak orang. Rasanya ada yang hilang, jika satu hari tidak menyeruput kopi atau teh di pagi atau sore hari. Namun, sebaiknya hindari kedua jenis minuman ini saat menjelang mesntruasi. Hal ini dikarenakan kopi dan teh dapat menyebabkan perut menjadi kembung serta mempersempit pembuluh darah sehingga memungkinkan tubuh cepat terkena dehidrasi.

Makanan yang dipanggang

Lemak trans banyak dikandung dalam makanan-makanan yang diolah secara dipanggang. Nah kandungan lemak trans tersebutlah yang akan melonjakan hormon estrogen sehingga membuat rahim kram dan menimbulkan rasa sakit yang mengganggu.

Gorengan

Selain makanan yang dipanggang, makanan yang diolah dengan cara digoreng pun mengandung banyak lemak trans yang akan meningkatkan kadar estrogen. Oleh karena itu, hindari makanan-makanan seperti bakwan, pisang goreng, ayam goreng, martabak dan lain-lain.

Sebaiknya, jika masa menstruasi mendekat pilih sayuran dan buah-buahan untuk dikonsumsi. Selain itu perbanyak olahraga agar aliran darah dalam tubuh lancar. Dua hal tersebut terbukti dapat mengatasi nyeri saat menstruasi. Selamat mencoba!

 

(Visited 113 times, 1 visits today)