Hindari Makanan Ini Jika Sedang Mengalami Perut Kembung, Berbahaya!

177 views Leave a comment
Susah Buang Air Besar? Makanan-Makanan Ini Bisa Bantu Lancarkan BAB

Dailymoslem – Perut yang kembung karena gas, memang menganggu kenyamanan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Perut terasa penuh, bahkan sampai terasa sakit yang diakibatkan oleh maag, diare atau efek samping obat.

Jika hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan-makanan berikut ini agar kembung dalam perut tidak berangsur lama dan semakin parah.

Kacang-kacangan

Raffisone yang dikandung dalam kacang dapat menyebabkan pembentuka gas dalam lambung. Sebaiknya, makan kacang dalam porsi yang kecil terlebih dahulu, jika dirasa tidak berimbas pada perut kembung maka boleh ditambahkan secara perlahan.

Asparagus, brokoli, kol dan kale

Sama halnya dengan kacang-kacangan, sayuran ini juga mengandung raffison yang dapat membuat perut kembung. Merebus sayuran terlebih dahulu dapat mengurangi efek kembung yang diakibatkan oleh sayuran-sayuran tersebut.

Minuman bersoda

Pada dasarnya, meminum minuman bersoda sama saja dengan menelan udara sehingga akan membuat perut menjadi kembung.

Makanan yang mengandung sorbitol, mannitol dan xylitol

Zat diatas biasanya terdapat pada permen bebas gula yang ditujukan untuk menyegarkan napas. Kandungan sorbitol, mannitol dan xylitol tersebut sering kali tidak dicerna dengan baik dan malah difermentasi oleh bakteri dalam usus, nah itulah yang menyebabkan perasaan kembung pada perut.

Susu, krim dan es krim

Orang yang memiliki masalah intoleransi laktosa akan merasa kembung saat mengkonsumsi susu, krim dan es krim. Sehingga tidak semua orang akan merasa kembung setelah mengkonsumsi susu dan berbagai jenis krim lainnya.

Bawang Merah

Bawang merah mengandung fruktan seperti  inulin  dan fruktooligosakarida. Fruktan kadang sulit dicerna dan fermentasinya pada usus besar dapat menimbulkan produksi gas berlebihan, kembung dan bahkan Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang ditandai dengan diare berulang.

(Visited 165 times, 1 visits today)