Hati-Hati 4 Tanda Bahwa Kita Tidak Ikhlas Terhadap Ketentuan Allah

138 views Leave a comment
Hati-Hati 4 Tanda Bahwa Kita Tidak Ikhlas Terhadap Ketentuan Allah

Dailymoslem – Keikhlasan merupakan salah satu hal yang mudah diucap namun sulit sekali dilakukan. Banyak orang yang berkata telah ikhlas namun nyatanya tanpa disadari keikhlasan itu hanya sebatas terucap di lidah saja. Terkadang, meski sudah diupayakan untuk ikhlas namun ada sesuatu dalam hati yang membuatnya menjadi jauh dari sikap tersebut.

Sebenarnya, ada beberapa tanda yang dapat mengindikasikan bahwa diri kita tidak ikhlas terhadap sesuatu. Meski beribu kali lidah mengucapkan ikhlas, namun jika hal-hal berikut ini dirasakan berarti kita tidak ikhlas sepenuhnya.

Menggerutu

Pernahkah kamu memberi pertolongan pada seseorang namun dengan hati yang menggerutu? Hal ini terntu merupakan indikasi tidak ikhlas yang sangat mudah dilihat. Ingat, sebesar apapun amalan baik yang telah dilakukan tidak akan berbuah baik jika tidak ada keikhlasan didalamnya. Sehingga hanya akan ada hati yang berat dan perasaan yang terbebani saja yang dirasakan.

Mengingat-ingat

Jika masih mengingat-ingat berapa nominal yang telah disedekahkan maka ada kemungkinan kita tidak ikhlas memberikannya. Maka ada sebuah anjuran untuk tidak melihat berapa nominal yang kita sedekahkan, agar kita belajar ikhlas dan yakin bahwa rezeki sudah ada yang mengatur.

Tidak bahagia

Allah memang penulis skenario terbaik di alam semesta ini. Seluruh cerita yang ditulisnya merupakan sebuah kesempurnaan dengan waktu eksekusi yang tidak pernah meleset dari jadwal. Jika tidak bahagia dengan apa yang menjadi nasib yang terjadi, maka dengan kata lain kita masih belum ikhlas dengan ketentuan Allah Subhanahu wa Ta’ala. 

Berandai-andai pada waktu yang telah berlalu

Ya, penyesalan memang datang terkahir. Namun, apapun yang telah menjadi nasib mu sekarang tentunya sudah melalui ijin dari Allah dan merupakan hal paling baik yang seharusnya terjadi. Oleh karena itu, jauhi berandai-andai dapat mengulang waktu karena hal tersebut tak akan pernah merubah yang sudah terjadi.

Nah, jika hal tersebut masih ada dalam diri maka segeralah beristigfar. Buang jauh-jauh dari hati dan tekadkan bahwa segalanya merupakan ketentuan dari Allah. Apapun yang hilang akan berganti dengan hal yang jauh lebih baik lagi.

(Visited 344 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS