Ini Loh Bahan Yang Paling Nyaman Untuk Dijadikan Kerudung

983 views

Dailymoslem – Sebagai seorang muslimah kita diwajibkan untuk menutup seluruh aurat kita dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki kecuali dua bagian yaitu muka dan telapak tangan. You know that in every tradition and culture, there is a concept of “appropriate dress”. Nah dalam Islam juga seperti itu girls. In Islamic Tradition, on essential principle regarding dress is that it not be indecent. Apalagi untuk seorang wanita yang di dalam Alquran sudah disebutkan bahwa seluruh anggota tubuhnya adalah aurat kecuali yang sudah disebutkan diatas.

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(Q.S Al-Ahzab: 59)

Oleh karena itu, penting banget nih girls memilih bahan-bahan yang nyaman untuk hijab atau jilbab yang bakal kamu pakai. Seriously. Kamu ga mau kan memakai sesuatu yang engga nyaman setiap waktu? Nah kali ini Encyclo akan kasih informasi tentang beberapa jenis bahan hijab.

Cotton/katun

Hijab dengan bahan katun memiliki tekstur yang lebut, dingin, halus, nyaman dan mampu meyerap keringat. Ini dikarenakan katun terbuat dari 100% kapas alami. Selain itu bahan katun ini engga mudah kusut dan berbulu tapi agak sulit untuk dibentuk sesuai dengan keinginan, karena bahannya agak kesat dan tebal.

Viscose

Viscose adalah serat selulosa yang diregenerasi, it’s structurally similar to cotton but may be produce from a variety of plants such as as soy, bamboo and sugar cane (Wikipedia). Bahan cenderung tipis dan serat kainnya kaku sehingga sempurna untuk membuat siluet hijab  yang bervolume.

Jersey

Bahan ini cocok banget kalo digunakan di musim panas, bukan hanya karena lembut dan ringan bahan ini sangat nyaman di kulit dan menyerap keringat. Selain itu bahan jersey memberikan kesan jatuh saat dipakai sehingga tampak cantik bila dikenakan.

Pashmina

Ini salah satu jenis bahan yang mewah, keunggulannya adalah memiliki tekstur yang lentur sehingga mudah diatur dan dikreasikan sesuai dengan keinginan kita sendiri. Ada yang  unik dari bahan yang satu ini, yaitu semakin sering dicuci makan akan semakin halus.

Chiffon

Bagi kamu yang ingin bahan yang terkesan elegan, sifon adalah bahan hijab yang tepat untuk kamu. Banyak yang memilih sifon karena sifatnya yang tipis sehingga ringan dikepala. Chiffon ini berbahan dasar kapas, sutra dan serat sintesis.

Hycon

Hijab berbahan hycon terasa lebih lembut dan lebih tebal. Jika dipegang, kain ini terasa dingin sehingga sangat nyaman digunakan. Selain digunakan sebagai kerudung bahan ini juga dapat digunakan sebagai dalam rok dan puring pakaian.

Spandek

Ciri kain spandek yang paling menonjol adalah elsastis. Did you kow that Spandex is anagram of the word “expands”, it’s reffered to by variants elastane or elastis.  Spandek di beberapa negara dikenal juga dengan nama Lycra. Bahan ini sangat nyaman dipakai saat musim panas karena mampu menyerap keringat dengan baik, namun kamu harus hati-hati dalam merawatnya, karena bahan ini mudah melar jika tidak dicuci dengan benar.

(Visited 540 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]