Haruskah Busana Syar’i Muslimah Berwarna Gelap?

133 views Leave a comment
Haruskah Busana Syar'i Muslimah Berwarna Gelap?

Dailymoslem – Busana syar’i memang tengah menjadi trend beberapa waktu belakangan ini. Selain kerudung syar’i yang panjang hingga dada, gamis syar’i dengan potongan A-line dengan bahan yang jatuh juga tengah banyak diminati muslimah.

Namun, ada satu perdebatan di tengah maraknya trend busana syar’i ini, yaitu pandangan bahwa busana syar’i sebaiknya berwarna gelap, sedangkan busana syar’i yang banyak dijual di pasaran umumnya memiliki warna-warna cerah atau warna pastel.

Benarkah busana syar’i Muslimah berwarna gelap?

Hal ini mungkin berdasarkan sebuah hadits yang mengatakan:

“Wanita-wanita Anshar keluar seolah-olah pada kepala mereka terdapat burung-burung gagak karena kain-kain (mereka).” (HR. Abu Dawud).

Dalam hadits tersebut dikatakan bahwa wanita Anshar menggunakan pakaian yang warnanya gelap atau hitam, seperti halnya burung gagak. Penggunaan warna cerah kerap dianggap “kurang syar’i” karena warnanya yang dapat menarik peratian dan menimbulkan fitnah.

Sedangkan menurut Syek Abdul Karim al-Khudair, hukum warna pakaian muslimah bisa disesuaikan dengan kebiasaan masyarakat setempat atau al-urf, sebagaimana dilansir dari halhalal.com. 

Bisa jadi warna gelap di sebuah negeri justru adalah warna yang menimbulkan fitnah. Begitu juga mungkin ada warna terang yang menimbulkan madharat di negeri lainnya. Muslimah juga harus memerhatikan manfaat dan mudharat dari pakaian yang dikenakannya. Jika pakaian dengan warna tertentu dipandang dapat mengganggu di lingkungannya, maka sebaiknya warna tersebut dihindari.

Penggunaan busana berwarna cerah juga diperbolehkan, sebagaimana sebuah hadits yang mengatakan bahwa Rasulullah pernah memberikan kain dengan warna cerah pada seorang Muslimah.

Nabi SAW mengambil sejumlah kain dan memberikannya kepada Ummu Khalid. Pada kain yang diberikan Nabi SAW, ada corak berwarna hijau dan kuning. (HR. Bukhari).

Selain itu, Rasulullah SAW juga menganjurkan pada kaum Muslimin, termasuk para Muslimah, untuk memakai pakaian yang berwarna putih. Rasulullah SAW bersabda,

“Pakailah pakaian-pakaian kalian yang berwarna putih, sesungguhnya itu merupakan pakaian kalian yang terbaik.” (HR. Abu Dawud).

Pada dasarnya, tidak ada dalil yang jelas yang melarang seorang Muslimah mengenakan pakaian dengan warna cerah atau warna terang. Pakaian Muslimah yang baik hendaknya menutup aurat, tidak transparan, jika transparan maka dilapis dengan bagian dalam pakaian yang dapat menutupi aurat, tidak ketat dan menutup hingga dada.

Wallahu ‘alaam bisshawab.

(Visited 74 times, 1 visits today)