Desainer Asal Jepang Ini Jatuh Cinta Pada Batik dan Hijab

122 views Leave a comment
Desainer Asal Jepang Ini Jatuh Cinta Pada Batik dan Hijab

Dailymoslem – Di antara para desainer Indonesia berbakat yang memerkan karyanya di Jakarta Fashion Week, ada seorang desainer Jepang yang memamerkan karyanya di gelaran tersebut khusus sebagai apresiasinya terhadap Indonesia.

Suzuki Takayuki bekerjasama dengan label busana batik Indonesia, Bateeq, menampilkan rangkaian koleksi yang berjudul “Time and Harmonu, Aging and Consonance.”

Koleksi tersebut terinsipirasi dari sejarah dan siluet karakteristik kain yang terus berubah sehingga memengaruhi tren tekstur serta material busana. Busana-busana Suzuki yang berkolaborasi dengan Bateeq ini juga bergaya modern dipadukan dengan motif-motif batik khas Indonesia.

Koleksi dari Suzuki dan Bateeq ini juga menonjolkan inovasi batik melalui pemilihan material, warna, dan motif yang terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia dipadukan dengan perkembangan tren fashion terkini. Beberapa motif batik seperti kamulyan, kesatrian dan rangrang menjadi motif yang mendominasi di keseluruhan koleksi ini.

“Indonesia memiliki motif batik yang banyak macamnya. Ini pertama kalinya saya melihat pola-pola batik di Indonesia. Saya belum pernah melihat pola-pola unik semacam ini sebelumnya,” ujar Takayuki dalam konferensi pers yang berlangsung di Jakarta Fashion Week 2016, Minggu (25/10/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Michelle juga menyampaikan bahwa Suzuki menaruh perhatian khusus pada kain batik. Ia bahkan mengunjungi lokasi pembuatan batik milik Bateeq di Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dari 30 koleksi yang dipamerkan Bateeq, 11 di antaranya adalah hasil kolaborasi dengan Suzuki. Dari kesebelas karya tersebut, Takayuki memilih sendiri kain, motif, dan proses pembuatan batik. Motif batik yang banyak dipilih Takayuki adalah motif batik klasik.

Michelle juga menyampaikan bahwa koleksi kombinasi busana batik dan modern ini adalah persembahan khusus dari Takayuki untuk masyarakat Indonesia. Desainer asal jepang ini juga berharap karyanya dapat disukai di pasar Indonesia.

Selain jatuh cinta pada batik, Takayuki juga ternyata jatuh cinta pada hijab. Maka di beberapa rancangannya ini terdapat juga beberapa koleksi hijab.

“Takayuki mengaplikasikan batik ke koleksi gaun yang biasa dia ciptakan, karena selama ini dia biasa menciptakan busana dengan warna yang polos dan dasar. Takayuki juga begitu tertarik dengan hijab, sehingga dia menciptakan beberapa scarf dengan sentuhan batik yang dapat dikenakan sebagai hijab,” terang Michelle.

(Visited 150 times, 1 visits today)