Baju Putih Kena Noda? Begini Cara Ampuh Menghilangkannya

1030 views

DailymoslemHampir semua ibu yang memiliki anak sekolah terutama sekolah dasar, pasti sering direpotkan dengan baju seragam putih yang kotor. Memang sangat menjengkelkan jika seragam putih anak terkena noda yang cukup membandel. Misalnya terkena tumpahan es coklat atau makanan lainnya.

Paling efektif sih memang menghilangkan noda memakai pemutih, tapi kadang baju jadi cepat belel atau rusak. Hal tersebut bisa diakibatkan dari cara pemakaian pemutih yang kurang tepat. Nah, agar baju-baju putih kita tetap bersih dan tetap terawat, yuk simak tips pemakaian pemutih yang benar berikut ini.

Gunakan air dingin untuk merendam dan mencuci baju

Mungkin kebanyak orang menganggap bahwa mencuci memakai air hangat akan mempercepat proses pelunturan noda. Iya sih. Tapi, warna baju juga ikut luntur sehingga jadi cepat belel. Menggunakan air dingin untuk mencuci jauh lebih efektif untuk menjaga warna baju. Sebelum memakai pemutih, rendam dan bilas baju dengan air dingin. Cara ini akan melenturkan ikatan kain sekaligus noda yang membandel.

Tuangkan pemutih secukupnya pada air rendaman

Banyaknya pemutih yang dipakai bisa dilihat pada kemasan. Pastikan tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit. Merendam baju memakai pemutih juga disarankan tidak terlalu lama, karena malah akan merusak baju itu sendiri. Cukup 5-10 menit saja, kemudian bilas hingga benar-benar bersih.

Tambahkan diterjen bersamaan dengan pemutih untuk hasil yang lebih baik

Penggunaan diterjen mampu mengoptimalkan kinerja pemutih, sehingga noda membandel bisa dengan cepat dihilangkan. Pastikan membaca petunjuk pemakaian pemutih, karena ada beberapa pemutih yang kurang cocok jika dicampurkan dengan diterjen tertentu. Tips yang mungkin berguna adalah, gunakan sarung tangan plastik saat mencuci menggunakan pemutih agar kulit anda yang sensitif bisa terhindar dari pelepuhan.

Rendam lagi dalam air dingin untuk hasil yang maksimal

Beberapa pemutih memiliki bau yang cukup menyengat. Oleh karena itu untuk menghilangkan baunya rendam kembali baju yang telah dibilas tersebut. menambahkan sedikit pewangi pada rendaman juga merupakan ide yang bagus. Cukup selama 15 menit saja kemudian jemur

Sinar matahari adalah pengering terbaik untuk baju putih

Menjemur baju putih dibawah sinar matahari langsung dapat memberikan hasil yang lebih sempurna. Apabila ternyata hari sedang mendung, dan tidak memungkinkan untuk menjemur di bawah sinar matahari langsung. Angin-anginkan baju ditempat yang sirkulasi udaranya bagus. Usahakan agar baju benar-benar kering. Karena jika tidak, baju putih akan memiliki bercak noda hitam yang sulit sekali dihilangkan.

 

(Visited 1,164 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]