5 Langkah Merawat Hijab Agar Awet dan Tetap Nyaman Dipakai

115 views Leave a comment
5 Langkah Merawat Hijab Agar Awet dan Tetap Nyaman Dipakai

Dailymoslem – Banyaknya koleksi hijab seringkali membuat kita kewalahan dalam merawatnya, sehingga hijab yang sering kita gunakan jadi cepat rusak dan tidak nyaman dipakai. Kerusakan pada hijab bisa berupa warna yang luntur, tekstur bahan menjadi kasar, bisa juga kerusakan karena terkena setrikaan terlalu panas.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada hijabmu, berikut ini 5 langkah yang bisa kamu lakukan agar lebih awet dan nyaman dipakai.

Pisahkan Hijab dan Pakaian Saat Mencuci

Pada saat mencuci pakaian, sebaiknya pisahkan hijab dan pakaian lainnya. Hal ini untuk menghindari hijab yang rusak karena tersangkut bagian dari pakaian lainnya seperti tersangkut resleting celana, kancing baju atau yang lainnya. Apalagi jika bahan hijab sangat lembut. Perhatikan juga pencucian hijab berwarna cerah saat baru pertama kali membeli. Hijab berwarna cerah dan bermotif biasanya luntur di kali pertama pencucian.

Perhatikan Suhu Air Saat Mencuci

Untuk hijab berbahan sifon, satin, sutera, polyester atau jersey, sebaiknya cuci dengan air yang agak hangat agar bakteri lebih mudah hilang. Selain itu, gunakan juga liquid detergen untuk kerudung yang berbahan lembut. Hindari juga mencuci menggunakan mesin cuci agar hijabmu tidak melar.

(Baca: Cara Merawat Hijab Berbahan Cotton Knit)

Jangan Keringkan Langsuung Di Bawah Sinar Matahari

Menjemur hijab langsung di bawah sinar matahari dapat menyebabkan warna hijab menjadi cepat pudar. Selain itu, hindari juga memeras kerudung untuk bahan satin atau sutera. Cukup jemur di tempat yang terkena angin dan tidak terkena matahari langsung, misalnya di laundry room yang atapnya transparan.

Cara Menyetrika

Terkadang saat sedang terburu-buru, kita men-set setrika dengan panas yang cukup tinggi agar proses menyetrika menjadi lebih cepat. Namun, setrika yang terlalu panas dapat menyebabkan bahan hijab menempel dan kain menjadi robek, atau menyisakan bekas yang merusak bentuk kerudung. Untuk menghindarinya, beri alas kain katun di atas kerudung yang akan disetrika.

(Baca: Cara Merawat Hijab Segi Empat Paris)

Jadwal Mencuci Kerudung

Aktivitas yang penuh selama seminggu seringkali membuat kita tidak punya waktu untuk mencuci kerudung, sehingga menyebabkan kerudung bekas pakai menumpuk. Coba jadwalkan waktu untuk mencuci kerudung di akhir pekan untuk mencuci semua kerudung yang kamu pakai di minggu tersebut.

(Visited 83 times, 1 visits today)