Faktor-Faktor yang Menyebabkan Anak Menjadi Pemarah dan Pendendam

169 views Leave a comment
Faktor-Faktor yang Menyebabkan Anak Menjadi Pemarah dan Pendendam

Dailymoslem – Seringkali kesalahan komunikasi yang dilakukan oleh orang tua membuat anak memiliki sifat yang kurang baik. Entah itu menjadi pemarah, pembohong atau bahkan pendendam. Tidak hanya kesalahan orang tua, kondisi sosial si anak pun memiliki pengaruh besar terhadap pembentukan sikapnya sehari-hari. Nah berikut ini adalah beberapa faktor yang membuat anak menjadi pemarah dan pendendam.

Dibandingkan dengan kakak, saudara atau teman sebayanya

Kemampuan setiap anak berbeda dengan yang lainnya. Tidak semua anak mampu mengerjakan matematika dengan lancar bergitu juga dalam hal olahraga. Oleh karena itu membandingkan anak dengan anak yang lain bukanlah hal yang bijaksana. Alih-alih termotivasi, anak malah akan merasa minder bahkan akan marah jika diajak bicara mengenai hal yang tidak ia kuasai. Hal itu kemudian membuat anak menjadi dendam terhadap orang yang dibandingkan dengan dirinya.

Mengalami kekerasan fisik

Tidak jarang orang tua mendidik anak dengan cara yang keras. Meskipun kadang ada yang berhasil, namun kekerasan tersebut malah membuat anak memiliki tempramen yang tinggi. Selain itu, meskipun saat ini refleks anak hanya menangis saja namun dikemudian hari anak bisa saja melakukan hal-hal yang tidak terduga sebagai tindakan dendamnya.

Sering dipaksa

Saat anak diharuskan melakukan sesuatu yang tidak disukainya, biasanya anak akan menunjukkan rasa tidak setujunya dengan meronta hingga tantrum. Saat anak tidak memiliki kesempatan untuk menolak, akhirnya ia terpaksa untuk melakukannya. Perasaan terpaksa itulah yang akan menimbulkan sifat dendamnya.

Di – Bully oleh teman-temannya

Bully, menjadi momok menakutkan yang terjadi di lingkungan sosial. Sering mendapatkan perlakukan yang tidak mengenakan dari teman-temannya membuat anak merasa dikucilkan dan minder. Anak yang mengalami hal seperti itu bisa jadi akan mudah marah saat disinggung mengenai masalah sekolah atau teman-temannya. Ia juga akan merasa dendam dan bisa jadu melakukan hal-hal mengerikan sebagai tindakan balas dendamnya.

Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya kita sebagai orang tua memantau keseharian anak di lingkungan sosialnya. Jika menemukan tindakan yang mengarah pada bullying, kita bisa mengarahkan anak agar tidak terpengaruh pada perlakuan tersebut atau kita bisa melakukan keputusan yang benar dengan memindahkannya ke sekolah yang lain.

 

(Visited 409 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS