Cara Menghindari Overheat pada Gadget

862 views
Hati-Hati 5 Penyakit Ini Bisa Menjangkit Jika Terlalu Lama Main Gadget

Dailymoslem – Kita ada pada zaman di mana gadget adalah benda penting yang harus selalu ada di tangan. Gadget biasa digunakan untuk berkomunikasi, memantau berita terkini bahkan memantau kondisi jalanan yang akan kita lewati. Karena terlalu sering digunakan, gadget juga terkadang menjadi overheat atau terlalu panas. Selain karena terlalu sering digunakan, gadget yang overheat juga biasanya terjadi karena pengaruh cuaca panas.

Overheating pada gadget juga bisa menyebabkan beberapa kerusakan seperti baterai kembung, bahkan hingga meledak. Dilansir dari liputan6.com, berikut ini beberapa cara mudah untuk menghindari gadget overheat.

Tab dan Smartphone

  • Jangan tinggalkan gadget di dalam mobil saat cuaca sedang panas. Terik matahari dan keadaan di dalam mobil yang kedap udara akan membuat udara semakin panas, sama saja seperti anda memasukkan gadget anda ke dalam oven. Hindari juga menyimpan gadget di tempat yang terkena sinar matahari saat sedang berada di dalam mobil, misalnya di dashboard.
  • Hindarkan gadget anda dari paparan sinar matahari langsung. Hindari menggunakan gadget di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Bisa juga dengan menggunakan pelindung gadget agar gadget tidak langsung terkena paparan sinar matahari.
  • Hindari menggunakan gadget saat anda baru saja berpindah dari tempar yang berudara panas ke tempat yang berudara dingin. Diamkan dulu gadget sebentar sebelum kemudian dinyalakan untuk memberi waktu bagi gadget beradaptasi pada suhu ruangan sekitar.

Laptop

  • Selain tab dan smartphone, laptop juga seringkali mengalami overheat karena penggunaan yang berlebih. Berikut beberapa tips untuk menghindari overheat pada laptop.
  • Bersihkan ventilasi laptop sehingga udara dapat keluar masuk dengan baik dan udara panas tidak mengendap.
  • Gunakan cooling pad
  • Matikan laptop jika sedang tidak digunakan. Beberapa orang biasanya menggunakan mode sleep saat laptop tidak digunakan. Jika anda tidak mengatur pengaturannya dengan baik, maka dalam beberapa jam laptop akan kembali menyala secara otomatis. Lebih baik shut down komputer anda jika tidak akan digunakan lagi dalam waktu dekat.
  • Hindari men-charge laptop secara terus menerus meski baterai laptop sudah penuh.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menghindari overheat pada gadget anda. Semoga bermanfaat!

(Visited 266 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]