Cara Islam Mengatasi Masalah Mendengkur

415 views Leave a comment
Cara Islam Mengatasi Masalah Mendengkur

Dailymoslem – Mendengkur merupakan gangguan napas yang terjadi ketika seseorang tertidur. Kebanyakan dari orang yang mengalaminya adalah mereka yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas). Selain mengganggu orang lain, mendengkur juga sebenarnya merupkan hal yang berbahaya karena dapat membuat orang mengalami sleep apnea atau berhentinya napas sesaat.

Penyebab utama terjadinya dengkurag adalah karena terhalangnya udara untuk masuk kedalam paru-paru. Halangan tersebut dapat terjadi disekitar rongga mulut atau ternggorokan dan dapat terjadi sementara atau lebih lama. Selain itu, bernapas melalui mulut pun berpotensi membuat orang tidur mendengkur. Hal ini diakibatkan karena udara yang masuk mengenai otot-otot anak lidah dan langit-langit mulut yang mengendur.

Islam sebagai agama yang rahmatan lil a’lamin pun memberikan solusi agar tidak mengalami tidur mendengkur. Hal ini dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dalam kebiasaan-kebiasaannya setiap hari menjelang dan ketika tidur.  dari Al-Barra’ bin Azib radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila engkau hendak tidur, berwudhulah sebagaimana wudhu ketika hendak shalat. Kemudian berbaringlah miring ke kanan, dan bacalah

‘Ya Allah, aku tundukkan wajahku kepada-Mu, aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena rasa takut dan penuh haram kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari hukuman-Mu kecuali kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus.’

Jika kamu mati di malam itu, kamu mati dalam keadaan fitrah. Jadikanlah doa itu, sebagai kalimat terakhir yang engkau ucapkan sebelum tidur.”

(HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam berwuduhu, kita melakukan pembersihan pada hidung (istinsyaq). Hal tersebut berguna untuk menghilangkan kotora-kotoran yang menyangkut di rongga hidung, sehingga udara akan masuk tanpa terhalang apapun.

Selain itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pun tidak pernah tidur dalam keadaan perut yang penuh. Dimana perut yang penuh tersebut menyebabkan kegemukan yang berakibat pada tidur mendengkur.

Masya Allah, sungguh Islam adalah agama yang sangat memperhatikan para pengikutnya hingga hal-hal yang detail.

Baca Juga:

Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur

Waspada Bahaya Tidur Dengan Kipas Angin Menyala

Tidur 8 Jam Dapat Sehatkan Jantung

Sleep Apnea, Membunuh Kita Saat Tidur

 

(Visited 229 times, 1 visits today)