Cara Atur Uang Buat Kamu Para Fresh Graduate Yang Mulai Punya Gaji Dan Banyak Ingin

107 views Leave a comment
Cara Atur Uang Buat Kamu Para Fresh Graduate Yang Mulai Punya Gaji Dan Banyak Ingin

Dailymoslem – Umur duapuluh tahunan adalah masa-masa dimana seseorang mulai mendapatkan gaji pertama dan berkeinginan untuk membeli apapun yang diimpikannya. Oleh karena itu, banyak sekali para pekerja muda yang membelanjakan pendapatannya hanya untuk barang-barang konsumtif.

Padahal, menyisihkan beberapa rupiah dari pendapatan sejak muda setidaknya dapat menjadi bekal di masa mendatang. Tidak perlu hingga meninggalkan ‘kesenangan’ yang wajar, namun beberapa hal berikut ini lebih bijaksana jika dilakukan dari sekarang.

Mengatur pengeluaran sesuai dengan pendapatan

Sebesar apapun gaji yang didapatkan tidak akan cukup jika dipakai untuk gaya hidup, karena itulah mulai cermat mengenai anggaran dana. Bijaksanalah dalam membeli apapun. Jika memang tidak terlalu membutuhkan, maka anggarkan untuk hal lain yang lebih penting. Minimalisir gaya hidup konsumtif dan mulailah untuk banyak bersyukur.

Hindari hutang dan kredit

Sebisa mungkin hindari kebiasaan berhutang dan atau memiliki kartu kredit. Kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit akan membuat seseorang menjadi sangat konsumtif hingga tidak memperhitungkan keuangannya. Selain itu, berhutang pada bank juga akan membuahkan bunga yang terus membesar. Jika harus menggunakan kredit atau berhutang maka lakukan hanya untuk kondisi-kondisi terdesak saja.

Asuransi dan dana pensiun

Sakit diidentikan dengan usia yang tua. Padahal di usia muda pun tidak menutup kemungkinan untuk terserang penyakit. Oleh karena itu sebaiknya ikuti asuransi kesehatan dan mulai menabung untuk dana pensiun. Semakin lama waktu yang diambil maka semakin kecil biaya yang harus dibayarkan. Dengan begitu, masa tua akan sedikit terjamin dengan dana pensiun yang disiapkan jauh-jauh hari.

Selalu simpan dana darurat

Tidak ada satupun orang yang mengetahui apa yang akan terjadi esok hari. Dengan fakta tersebut, sebaiknya mulai dari sekarang siapkan dana untuk berjaga-jaga. Siapa tau ada kondisi darurat yang membutuhkan dana cepat. Daripada meminjam, lebih baik jika kita memiliki simpanan yang bisa digunakan setiap saat.

Baca juga:

6 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Pendapatan Selalu Terasa Kurang Setiap Bulan

Beli Rumah Hanya Dengan Gaji Rp 3 Juta Sebulan, Bisakah?

Tips Dan Trik Jitu Sukses Jualan Online Di Indonesia

(Visited 86 times, 3 visits today)



RELATED ITEMS