Begini Pandangan Rasul Terhadap Menguap

100 views Leave a comment
Begini Pandangan Rasul Terhadap Menguap

Dailymoslem– Menguap dikatakan sebagai tanda bahwa seseorang sedang kelelahan dan membutuhkan istirahat (tidur). Menguap juga menurut para peneliti menandakan bahwa tubuh kekurangan oksigen dan nutrisi. Seperti diketahui oleh kebanyakan orang, menguap dapat menular dengan cepat pada orang-orang yang berada di sekitarnya. Mereka yang melihat seseorang sedang menguap akan akan ikut menguap dalam waktu kurang lebih lima menit.

Ajaran Islam, sebagai agama paling sempurna memandang menguap sembarangan sebagai sebuah prilaku yang kurang baik. Rasullullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sendiri megatakan bahwa menguap berasal dari setan. Rasulullah bersabda,

Bersin itu dari Allah dan menguap itu dari setan. Jika salah seorang kalian menguap maka tutuplah mulutnya dengan tangannya dan jika ia katakan ‘aaah …’ maka setan tertawa di dalam perutnya. Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap.” (HR. Bukhari)

Hal ini dapat dijelaskan menurut ilmiah. Ketika seseorang menguap dan membuka lebar mulutnya, udara yang kotor beserta mikroba kotor lainnya akan masuk ke dalam mulut. Karena mulut tidak dirancang seperti halnya hidup yang dapat menyaring kotoran, maka mikroba-mikroba tersebut akan terus memasuki tubuh dan menyebabkan penyakit.

Saat shalat pun sebaiknya kita menahan menguap. Hal ini karena saat shalat kita berhadapan dengan penguasa langit dan bumi sehingga harus berprilaku layaknya hamba dengan Tuhan. Ya.. masa bertemu calon mertua saja dandan yang rapi dan menjaga kelakuan, tapi bertemu Allah berpenampilan ala kadarnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang menguap dalam shalatnya, hendaknya ia berusaha menahan kuapannya sebisa mungkin karena setan bisa masuk.”

(Visited 226 times, 1 visits today)