Rahasia Dibalik Air Cucian Beras

1190 views

Dailymoslem – Banyak hal yang kita anggap sebagai sesuatu yang sepele dan tidak berguna, padahal memiliki manfaat besar yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah air dari cucian beras. Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa air cucian beras memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, sehingga saat mencuci beras air berwarna putih susu yang dihasilkan dibuang begitu saja.

Padahal, air tersebut mengandung banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi kulit dan rambut. Daripada menghabiskan banyak uang untuk merawat tubuh dengan bahan kimia, yuk coba beberapa langkah berikut ini untuk memanfaatkan air cucian beras sebagai bahan alami perawatan kecantikan.

Siapa sangka air cucian beras bisa mempercantik kulit wajah

Vitamin B complex yang dikandung beras sangatlah banyak, vitamin tersebut dikenal dengan inositol yang dapat membatu pertumbuhan sel sehingga memperlambat proses penuaan dan menstimulasi aliran darah.

Cocok untuk mengatasi pori-pori besar yang mengganggu penampilan. Selain itu, air cucian beras juga dapat membuat wajah dari lebih bercahaya dan melembakannya. Antioksidan yang dikandungnya pun dapat mencegah terbentuknnya hiperpigmentasi dan flek hitam pada wajah.

Cara memanfaatkannya sangat mudah. Namun, pastikan beras yang dipakai adalah beras putih yang berkualitas baik. Untuk menghilangkan kotoran, cuci beras terlebih dahulu. Air bilasan pertama ini yang harus dibuang karena mengandung banyak kotoran. Kemudian, rendam air beberapa menit sampai warnanya berubah menjadi seputih susu. Pastikan menggunakan air dingin yang segar.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan air rendaman tersebut sebagai toner. Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian basahi kapas dengan air beras tersebut. tepuk tepuk lembut dan tunggu hingga air beras meresap kedalam kulitmu. Air beras tersebut juga bisa kamu gunakan untuk tangan dan leher agar nampak lebih cerah bercahaya dan lembut seperti sutra.

Rambut juga akan semakin halus dan bercahaya

Gunakan air beras sebagai masker rambut. Aplikasikan pada rambut setelah keramas menggunakan shampoo. Diamkan beberapa lama dan bilas hingga bersih.

Protein yang terkandung dalam air beras akan memperkuat helai rambut dan mengatasi retakan pada batang rambut. Kamu juga bisa menyimpan air beras dalam wadah tertutup, simpan dalam lemari es agar dapat bertahan hingga tiga hari.

Iritasi yang terjadi pada kulit bisa hilang apabila direndam dengan air beras

Air beras bersifat menenangkan sehingga dapat dijadikan sebagai perawatan yang efektif bagi kulit sensitive yang mengalami iritasi. Dalam sebuah penelitian dermatologi, pasien yang mengalami atopic dermatitis (inflamasi kulit) yang parah, berangsur pulih hingga 20% setelah berendam 15 menit dalam air beras selama dua hari sekali.

 

 

(Visited 647 times, 1 visits today)