Bingung Cari Kosmetik Halal? Kenali Lewat Komposisi Bahannya

1286 views

Dailymoslem – Mengenali kosmetik halal sebenarnya tidak sulit. Apalagi, ada beberapa brand kosmetik yang memang sudah mengumumkan bahwa produk mereka halal dan aman digunakan untuk muslimah. Namun, untuk beberapa kosmetik tertentu, kita harus memperhatikan dari segi bahan yang digunakan untuk membedakan apakah kosmetik tersebut halal atau tidak.

Logo Halal

Cara paling mudah mengenali kosmetik halal adalah dari logo lembaga sertifikasi halal di kemasan. Lalu, bagaimana dengan kosmetik yang tidak memiliki logo halal? Apakah itu berarti kosmetik tersebut haram?

Tentu saja tidak semua kosmetik yang tidak berlogo halal berarti haram. Ada pula beberapa kosmetik yang tidak mendaftarkan merek atau produknya. Anda bisa membedakan kosmetik halal dan tidak melalui bahan yang digunakan, yang biasanya terlihat komposisi bahan.

Membedakan Kosmetik Halal dan Tidak dari Komposisi Bahan

Jika bahan yang digunakan berasal dari tumbuhan, biasanya bahan tersebut halal. Bahan yang haram biasanya adalah bahan yang berasal dari hewan, terutama bahan dari hewan seperti babi atau hewan yang cara penyembelihannya tidak halal, kecuali ikan dan lebah karena kedua hewan ini tidak perlu melewati proses penyembelihan tertentu dalam Islam.

Istilah  yang biasa digunakan untuk bahan yang berasal dari hewan adalah Asam amino, kolesterol, protein atau kolagen, dye/colours, sistina (cystine), gelatine (gelatin), stearic acid, tallow, vitamin A, glycerine, hyaluronic acid, hydrolysed animal protein, keratin, lypids, oleic acid, allantoin dan elastine. Sedangkan istilah yang paling sering digunakan untuk menyebut minyak yang berasal dari hewan (termasuk babi) adalah plasenta. Plasenta dan sodium heparin adalah bahan yang sudah jelas diharamkan oleh MUI.

Kosmetik dari Luar Negeri

Kosmetik dari luar negeri juga bukan berarti haram. Ada beberapa lembaga luar negeri yang berfungsi untuk memeriksa bahan yang halal dan tidak dalam kosmetik, seperti Standards Malaysia milik Malaysia dan Muslim Consumer Group milik Malaysia. Kedua lembaga ini meripakan lembaga internasional yang mengeluarkan sertifikat halal untuk kosmetik seluruh dunia.

Nah, sekarang sudah tahu kan bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik yang halal dan tidak? Semoga kegiatan berdandan kita tidak menjadi kegiatan yang merusak tubuh apalagi ibadah kita, ya.

(Visited 1,025 times, 1 visits today)