7 Kebiasaan Sehari-Hari yang Perlu Dihindari Untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

127 views Leave a comment
7 Kebiasaan Sehari-Hari yang Perlu Dihindari Untuk Mencegah Timbulnya Jerawat

Dailymoslem – Bukan hanya karena faktor wajah berminyak dan keturunan saja yang bisa menyebabkan jerawat, tapi juga kebiasaan kita sehari-hari yang merusak kesehatan wajah dapat menyebabkan jerawat, termasuk kebiasaan melakukan perawatan wajah.

Mungkin maksud kita adalah untuk melakukan perawatan, tapi bisa jadi perawatan tersebut justru jadi penyebab jerawat yang kita tidak sadari. Inilah 7 kebiasaan sehari-hari yang perlu kamu hindari untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah:

Tidak Membersihkan Wajah Secara Teratur

Kulit wajah yang tidak dibersihkan secara teratur dapat menumpuk kotoran dan bakteri di wajah yang bisa menyebabkan jerawat. Sebaiknya membersihkan jerawat secara teratur setiap habis melakukan aktivitas di luar rumah dan juga sebelum tidur untuk menghindari kotoran mengendap di pori-pori.

Menggunakan Kuas yang Sudah Lama dan Tidak Pernah Dibersihkan

Kita mungkin merasa kuas make-up yang kita gunakan masih dalam kondisi baik dan belum rontok, tapi kita tidak tahu bahwa ada banyak kotoran dari sisa make-up yang mengendap di sana. Apalagi jika kuas sudah digunakan bertahun-tahun. Sebaiknya bersihkan kuas secara rutin seminggu sekali dan ganti kuas jika pemakaian sudah lebih dari 6 bulan.

Menyentuh Wajah Saat Sedang Berkeringat

Pada saat wajah sedang berkeringat, seringkali yang kita lakukan adalah menyeka wajah untuk menghilangkan. Wajah yang sudah kotor dengan keringat akan semakin kotor dengan bakteri yang ada di tangan. Sebaiknya gunakan tissue atau face paper untuk menyeka wajah.

Kebiasaan Mengeksfoliasi

Perawatan exfoliasi seperti scrubbing atau peeling yang dilakukan dengan menggosok-gosok kulit wajah dengan scrub mungkin baik untuk mengangkat kotoran. Namun penggunaan yang berlebihan justru dapat menyebabkan pori-pori membesar dan menyebabkan jerawat. Jangan melakukan perawatan exfoliasi dalam waktu yang berdekatan. Exfoliasi yang aman dilakukan adalah dalam jangka waktu dua minggu sekali.

Penggunaan Sarung Bantal

Sarung bantal yang terbuat dari kain katun lebih mudah mengendapkan kotoran yang kemudian akan berpindah ke wajahmu ketika tidur. Sebaiknya gunakan sarung bantal berbahan sutera yang lebih baik untuk menghindari bakteri.

Pola Makan yang Buruk

Kadar minyak di wajah bisa juga disebabkan karena konsumsi makanan berminyak yang berlebihan seperti makanan goreng-gorengan atau makanan berminyak lainnya. Kurangi konsumsi makanan berminyak dan perbanyaklah makanan sehat seperti sayur dan buah.

Penggunaan Handuk yang Salah

Bakteri juga bisa mengendap pada handuk yang digunakan bersama-sama dan tidak dicuci secara rutin. Sebaiknya gunakan satu handuk untuk satu orang, jangan lupa cuci secara rutin dan angin-anginkan jika handuk terasa lembap. Bedakan juga handuk yang digunakan untuk melap wajah dan handuk yang digunakan untuk melap badan.

(Visited 207 times, 1 visits today)