Agar Makanan Tak Mudah Busuk, Ketahui Cara Menyimpan Makanan Yang Benar

179 views Leave a comment
Agar Makanan Tak Mudah Busuk, Ketahui Cara Menyimpan Makanan Yang Benar

Dailymoslem –  Kebanyakan pekerja yang dari pagi hingga petang hari berada di kantor pastinya memilih menyimpan stok makanan yang banyak di rumah. Hal ini dilakukan agar tidak kesulitan saat membutuhkan makanan untuk dikonsumsi. Sayangnya, seringkali kita dibuat kesal dengan bahan-bahan sayur dan buah yang busuk sebelum di konsumsi.

Beberapa bahan segar yang kita beli, busuk dengan cepat sebelum kita sempat memakannya. Entah karena memang sudah waktunya busuk atau ada kekeliruan yang dilakukan saat menyimpannya. Meskipun bahan segar tanpa pengawet memang akan busuk dengan cepat, namun dengan tips dan trik penyimpanan yang tepat seperti berikut ini makanan-makanan tersebut akan tahan lebih lama.

Pisahkan bahan segar sesuai karakteristiknya

Sebagian buah dan sayuran segar mengandung gas yang disebut ethylene  saat sudah matang. Gas tersebut memang membantu untuk mematangkan buah dan sayuran tertentu namun akan merusak pada buah dan sayuran lain. Oleh karena itu sebaiknya, pisahkan buah dan sayur yang sensitif pada gas ethylene. Misalnya memsiahkan alpukat, pisang, melon, kiwi, mangga, nektarin, pir, plum, dan tomat di tempat yang berbeda dengan apel, brokoli, wortel, sayuran hijau, dan semangka.

Ementara itu sayuran jenis lain seperti wortel, selada, dan brokoli  atau sayuran yang mudah  busuk, sebaiknya pisahkan dengan sayuran lainnya dengan kantung terpisah, dan simpan dalam lemari es.

Tempat sejuk dan kering

Tomat, kentang, bawang dan jahe akan bertahan lebih lama saat disimpan di tempat sejuk dan kering. Tidak di lemari es, simpan di kolong meja atau tempat-tempat khusus lainnya yang tidak langsung tersinari matahari dan tidak lembab.

Ada baiknya, simpan buah-buahan di atas meja saja

Mangga, alpukat, melon, pir, pisang dapat bertahan lebih lama jika disimpan di ruang terbuka. Jika sudah dipastikan matang, boleh dipindahkan ke lemari es. Khusus untuk pisang, kulitnya memang akan berubah menjadi coklat tapi itu tidak berpengaruh pada rasa dagingnya sama sekali.

Masukan kedala kantong plastik

Sebaiknya, simpan rempah-rempah segar dalam kantong plastik yang ditutup rapat namun diberikan sedikit udara di dalamnya. Untuk jeruk nipis atau jeruk-jeruk lainnya, bisa dimasukan ke dalam kantong plastik hitam yang dibolongi untuk memberikan ruang udara.

Potong daun atau tangkai

Jika ingin menyimpan nanas lebih lama, sebaiknya potong daunnya terlebih dahulu. Hal ini dapat memperlambat proses pematangan dan pembusukan nanas. Sama halnya dengan cabai, potek bagian tangkainya dan simpan di dalam lapisan koran.

Jangan dicuci terlebih dahulu

Hindari mencuci buah dan sayuran jika memang tidak akan di konsumsi langsung. Buah atau sayuran yang dicuci akan mudah ditinggali oleh jamur sehingga lebih cepat layu dan busuk.

Baca juga:

Yuk Buat Fruit Sushi, Cara Baru Nikmati Buah Segar

Hindari Makanan-Makanan Ini Jika Ingin Menstruasi Lancar

Ketahui Makanan Yang Bantu Bakar Lemak Lebih Cepat

Hati-Hati Bahan Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dimasukan Ke Dalam Lemari Es

 

(Visited 155 times, 1 visits today)