7 Rutinitas Di Pagi Hari yang Bisa Merusak Mood dan Produktivitas Seharian

110 views Leave a comment
7 Rutinitas Di Pagi Hari yang Bisa Merusak Mood dan Produktivitas Seharian

Dailymoslem – Kegiatan di pagi hari adalah hal yang bisa mempengaruhi mood dan produktivitas seseorang hingga sepanjang hari. Jika dari pagi sudah stress dan malas, maka akan terus terbawa sepanjang hari hingga akhirnya malampun tiba dan tidak ada yang kita kerjakan seharian.

Maka dari itu, Rasulullah juga mengajarkan kita untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik di pagi hari sebelum beraktivitas.

Nah, coba perhatikan 7 kebiasaan di pagi hari yang bisa merusak mood seharian yang dilansir dari huffingtonpost.com berikut ini. Jangan-jangan, selama ini kamu selalu malas dan tidak produktif karena kebiasaan-kebiasaan ini.

Men-snooze Alarm

Menunda alarm setiap kali berbunyi dan membiarkannya menyala berkali-kali hanya akan memberikan stress di pagi hari terhadap otak kita. Selain itu, menurut Robert Rosenburg, M.D., penulis dari Sleep Soundly Every Night, Feel Fantastic Every Day, menunda alarm berkali-kali di pagi hari menunjukkan bahwa kita kurang tidur.

Waktu terbaik untuk bangun adalah di subuh hari ketika matahari belum terbit. Di waktu inilah tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang membantu meringankan stress, juga membuat kita merasa terbangun dan waspada. Oleh karena itulah, Islam mewajibkan kita untuk bangun di subuh hari dan mendirikan shalat.

Main Handphone Begitu Bangun Tidur

“Ketika Anda pertama kali mengecek handphone di pagi hari, Anda meningkatkan risiko untuk menstimulasi otak dengan kekacauan dan judgement: hal-hal seperti email, sms, dan pesan lainnya langsung memberi beban tentang hal yang harus kamu jalankan hari tersebut. Bahkan saat Anda membuka Facebook, anda langsung dihadapkan untuk membandingkan kehidupan anda dengan kehidupan orang lain,” ujar Joanna Keinman, Ph.D., seorang psikolog di Cherry Hill, New Jersey.

Dan di sanalah stress bermula..

Tidak Olahraga Teratur

Kurang olahraga juga bisa menyebabkan tubuh terasa cepat lelah dan tidak berenergi, karena olahraga merupakan salah satu cara untuk menambah energi dalam tubuh. Tidak perlu setiap hari, asalkan rutin selama beberapa hari sekali setiap pagi.

Mandi dengan Air Panas

Menurut Stacy Salob, M.D, seorang dermatologis dari New York, mandi air hangat justru akan membuat kulit menjadi kering dan kemerahan, yang akhirnya bahkan bisa menyebabkan gatal pada kulit. Akibatnya, kondisi kulit yang kering membuat kita tidak dapat beraktivitas dengan total.

Sarapan Dengan Terlalu Banyak Karbon

“Karbohidrat memang bisa memberi energi, tapi tidak akan tahan lama,” ujar Isabel Maples, R.D., juru bicara dari American Academy of Nutrition adn Dietetics. Sebaiknya, gabungkan kandungan nutrisi saat sarapan, misalnya dengan sayur dan buah untuk vitamin dan telur atau susu untuk protein.

Tidak Sarapan Samasekali

Tidak sarapan samasekali juga bisa membuat kita kekurangan energi untuk beraktivitas seharian. Pilih setidaknya satu jenis makanan saja untuk mengisi perut di pagi hari, pilih yang paling cepat disajikan jika sedang buru-buru. Bisa berupa protein atau karbohidrat kompleks untuk menyuplai energi.

Lupa Stretching

Menggeliat di tempat tidur juga tidak selamanya tanda kemalasan. Luangkan waktu setidaknya 10 detik di pagi hari untuk melakukan sedikit stretching di tempat tidur agar tubuh siap beraktivitas. Tarik tangan dan kaki ke arah berlawanan atau buat lingkaran dengan tubuhmu di kasur.

Featured image: sukaon.id

(Visited 192 times, 1 visits today)