6 Cara Mengatasi Stress dan Mengurangi Kekhawatiran

1259 views

Dailymoslem – Berbagai persoalan banyak memenuhi pikiran manusia modern dan menyebabkan stress dan khawatir berlebih, seperti persoalan di kantor, di rumah, bahkan di perjalanan dari kantor menuju rumah saat harus menghadapi kemacetan. Akibatnya, badan menjadi lesu dan wajah menjadi kusam karena terlalu banyaknya hal yang dipikirkan dan tidak pernah selesai.

Jika anda salah satu yang merasakannya juga, coba 6 cara menghatasi stress yang dilansir dari onislam.net berikut ini.

Tarik Nafas Dalam-Dalam

Menarik nafas dalam-dalam terbukti dapat banyak mengurangi rasa khawatir karena aktivitas ini dapat mengaktifkan respon relaksasi dalam tubuh. Cobalah menarik nafas secara perlahan dalam hitungan 1-4. Pertama-tama, penuhi perut dengan udara terlebih dulu kemudian penuhi dada anda dengan udara. Tahan nafas dalam hitungan 4 dan hembuskan juga secara perlahan dalam hitungan 4.

Akui Bahwa Anda Memang Khawatir

Kekhawatiran hanyalah sebuah perasaan yang tidak ada bedanya dengan perasaan-perasaan lain seperti bahagia, sedih dan marah. Anda harus meluapkannya untuk dapat meredakannya. Hadapi rasa khawatir anda dengan mangakui dan menyadarinya, sehingga anda bisa melihat cara yang lebih dalam untuk mengatasinya.

Tanyakan Pada Diri Sendiri

Saat kita terlalu mengikuti kekhawatiran, terkadang kita terus mengkhawatirkan hal yang sebenarnya memiliki kemungkinan kecil untuk terjadi. Cobalah lebih realistis dengan menanyakan hal-hal berikut pada diri sendiri: Apakah hal yang saya khawatirkan ini masuk akal? Apa hal tersebut benar-benar mungkin terjadi? Apa kemungkinan terburuk jika memang hal ini akan benar-benar terjadi? Lalu, apa yang harus saya lakukan? Apa yang Harus saya siapkan untuk mengatasi hal tersebut jika memang benar terjadi?

Bayangkan atau Lihat yang Indah-Indah

Anda juga bisa melakukan relaksasi dengan membayangkan hal-hal indah seperti membayangkan anda sedang duduk di tepi sungai mendengarkan gemericiknya, atau membayangkan anda sedang menikmati ombak di tepi pantai. Bisa juga dengan melihat hal-hal kecil di sekitar anda yang memiliki keindahan tersendiri, seperti melihat daun yang jatuh dari pohon atau melihat awan yang bergerak perlahan.

Bicara Hal Positif Pada Diri Sendiri

Anda juga bisa mendapatkan sugesti positif dari diri sendiri dengan cara bicara hal positif pada diri sendiri. Percaya atau tidak, hal ini bisa mengurangi sangat banyak kekhawatiran dan stress yang anda alami.

Fokus Pada Aktivitas

Akibat buruk dari stress dan kekhawatiran adalah anda jadi tidak fokus pada aktivitas dan sibuk pada perasaan anda yang kacau. Anda bisa melawannya dengan cara fokus pada aktivitas yang sedang anda lakukan hingga perasaan tersebut hilang dengan sendirinya.

 12-3-15__6-Ways-to-Reduce-Anxiety-Stress-Right-Now

(Visited 797 times, 1 visits today)