5 Mitos tentang Kebahagiaan yang Bisa Membuat Kita Tidak Bahagia

957 views

Dailymoslem – Menjalani kehidupan yang bahagia adalah impian semua orang. Sayangnya, banyak orang yang memiliki pandangan yang salah tentang kebahagiaan, yang justru malah membuat hidupnya tidak bahagia. Terkadang kita terlalu sibuk mengejar hal-hal besar sampai mengabaikan hal-hal kecil yang sebenarnya bisa membuat kita bahagia.

Seperti kata themirrorpost.com, inilah 5 mitos tentang kebahagiaan yang mungkin salah satunya adalah mitos yang anda percaya dan membuat hidup anda tidak bahagia selama ini.

Mitos 1: Kita Butuh Pengakuan Orang Lain Bahwa Kita Bahagia

Kita terlalu sibuk untuk memikirkan apakah orang lain menganggap kita bahagia atau tidak. Oleh karena itu, banyak orang yang harus menunjukkan foto-foto liburan atau foto bersama pasangan lewat media sosial atau media lain, untuk menunjukkan pada orang lain bahwa kita bahagia. Padahal, kebahagiaan yang sejati datang dari dalam diri kita sendiri dan dirasakan oleh kita sendiri.

Mitos 2: Saya Akan Bahagia Jika Saya Punya…

Mungkin rumah besar? Anak yang lucu? Mobil mewah? Atau benda lain yang bisa anda isi berdasarkan keinginan anda sendiri. Menurut Dr. Tal Ben-Shahar, perasaan mengejar sesuatu untuk mendapatkan kebahagiaan dinamakan “arrival fallacy.”

Anda mungkin memang akan bahagia saat sudah mendapatkan rumah besar atau mobil mewah, tapi apakah kebahagiaan itu akan bertahan lama? Kebahagiaan semacam ini tidak lain hanya kebahagiaan yang datang karena rasa penasaran yang sudah terpenuhi.

Kebahagiaan sesungguhnya akan datang saat anda mensyukuri apa yang anda miliki saat ini.

Mitos 4: Saya Tidak Bahagia karena Masa Lalu Saya yang Buruk

Tidak ada yang bisa dihasilkan dari sebuah penyesalan. Yang harus anda lakukan bukanlah melupakan sepenuhnya masa lalu yang buruk tersebut, tapi mengambil pelajaran sehingga anda tidak akan melakukan kesalahan yang sama di masa yang akan datang. Pandanglah masa lalu dengan kepala objektif tanpa dendam atau emosional, dengan begitu anda bisa melihat dengan jelas kesalahan yang harus anda hindari di masa depan, dan andapun siap meraih masa depan yang lebih bahagia.

Mitos 5: Kebahagiaan Bukanlah Kebiasaan yang Bisa Dipelajari

Mitos paling fatal adalah bahwa anda memandang kebahagiaan sebagai suatu keajaiban yang tidak bisa dibiasakan atau dipelajari. Jika mitos ini benar-benar sudah menempel di kepala anda, maka sampai kapanpun anda tidak akan mendapat kebahagiaan yang sesungguhnya.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kita bisa membiasakan diri untuk berbahagia setiap hari dengan mengurangi pikiran negatif, lebih menghargai hal-hal kecil yang membuat kita bahagia. Bahkan kita juga bisa berbahagia dengan melakukan beberapa kebiasaan kecil seperti menegakkan bahu saat berjalan, tersenyum, merasakan angin yang berhembus, berterima kasih, bersyukur dan juga meditasi. Bagi seorang muslim, ketenangan meditasi sebenarnya bisa didapatkan saat melakukan shalat malam, dengan lebih mendekatkan diri pada sang pencipta.

(Visited 988 times, 1 visits today)