5 Broadcast Tentang Kesehatan yang Ternyata Hoax

92 views Leave a comment
5 Broadcast Tentang Kesehatan yang Ternyata Hoax

Dailymoslem – Kecanggihan teknologi yang terus berkembang seperti saat ini, bukan tidak mungkin menimbulkan berbagai macam kejahatan. Salah satunya adalah mudahnya menyebarkan berita-berita palsu yang menyebabkan kekhawatiran di masyarakat. Beberapa diantaranya adalah mengenai berita mengenai kesehatan yang disebarkan melalui broadcast media sosial. Berikut ini adalah lima dari beberapa berita hoax yang disebar ke seluruh masyarakat Indonesia.

Memakai Bra Baru Tanpa Dicuci Sebabkan Larva Payudara

Broadcast mengenai berita ini sontak membuat banyak wanita khawatir. Pasalnya berita tersebut mengabarkan bahwa seorang wanita mendapatkan payudaranya di tumbuhi oleh larva karena menggunakan bra yang baru dibelinya tanpa dicuci terlebih dahulu.

Larva lalat tumbu (cordylobia anthropophaga) memang memungkinkan mengifeksi payudara, namun penampakkannya tidak akan seperti gambar yang dilampirkan. Gambar tersebut disinyalir menggunakan alat grafis untuk menggabungkan gambar biji lotus dengan payudara perempuan.

Meski kabar ini hoax, namun mencuci pakaian yang baru dibeli sebaiknya mulai dibiasakan karena bisa jadi menularkan berbagai macam penyakit kulit.

Bumbu Mie Instan yang Ikut Dimasak Akan Memicu Kanker

Kabar ini menyebutkan bahwa bumbu mie instan yang dimasak dengan suhu 120o C berpotensi menjadi karsinogen. Hal ini karena bumbu mie instan tersebut mengandung monosodium glutamate (MSG).

Kadar MSG dalam mie instan dinilai masih dalam batas aman dan tidak membahayakan. Sehingga kabar ini dinilai terlalu membesar-besarkan. Meski begitu sebaiknya mie instan tidak dikonsumsi berlebihan.

Air yang Disimpan Dalam Mobil Menyebabkan Kanker

Tentunya kita sering menyimpan minuman di dalam mobil agar memudahkan ketika merasa haus dalam perjalanan. Kabar hoax ini menyebutkan bahwa air botol yang disimpan dalam mobil dapat memicu kanker payudara.

Dilansir dari detikhealth, dr Andhika Rahman, SpPD, KHOM menyebut bahwa kabar tersebut tidak benar. Ia mengatakan bahwa kanker tidak muncul dengan mudah, sehingga kabar tersebut harus diuji terlebih dahulu.

I-doser Aplikasi yang Efeknya Sama Dengan Narkoba

Baru-baru ini beredar kabar mengenai tipe baru narkoba berbentuk digital yang mudah di akses dari smart phone bernama I-doser. Menurut ahli neurologi, Helane Wahbeh yang bekerja di Departement of Neurology OHSU (Oregon Health and Science University) i-doser sama sekali tidak mengakibatkan peningkatan gelombang otak.

Usus Ditinggali Lintah Karena Memakan Kangkung

Seorang lelaki diberitakan harus menjalani operasi karena didalam organ dalamnya terdapat lintah yang cukup besar. Lintah tersebut dikabarkan masuk kedalam perut melalui kangkung setengah matang yang dimakannya.

Menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH,MMB dari RSCM, lintah tidak bisa hidup didalam perut apalagi jika terbawa makanan yang memang akan masuk kedalam lambung dan masuk kedalam asam lambung.

“Kalau lintah sepertinya nggak bisa ya. Kena asam lambung pasti mati. Parasit di tubuh manusia memang ada. Umumnya telur cacing yang masuk ke tubuh, bermanifestasi di usus halus,” Ujarnya seperti yang ditulis dalam detikhealth.

 

(Visited 224 times, 1 visits today)