4 Variasi Olahraga Kardio yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan Lebih Maksimal

85 views Leave a comment
4 Variasi Olahraga Kardio yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan Lebih Maksimal

Dailymoslem – Olahraga kardio yang membutuhkan banyak energi memang menjadi salah satu olahraga yang dianggap paling ampuh untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Beberapa olahraga kardio yang bisa kamu lakukan antara lain, berlari, treadmill ataupun aerobic dengan gerakan yang cepat dan berat. Nah, untuk memaksimalkan proses pembakaran lemak kamu, 4 variasi olahraga kardio yang dilansir dari kompas.com ini bisa membantu kamu menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Variasikan Kecepatan Berlari

Agar olahraga lari kamu bisa membakar semakin banyak emak di tubuh kamu, variasikan gerakana lari dari lambat, sedang, cepat, kemudian lambat lagi dan seterusnya. Variasi ini dapat mengurangi lemak perut dan mempercepat metabolisme tubuh ketimbang berlari dengan kecepatan yang sama di sepanjang latihan. Cocok untuk kamu yang ingin mengecilkan merut.

Kamu bisa mencba berlari santai selama 15 menit, kemudian berlari cepat 15 menit setelahnya dan berlari lambat di 15 menit setelahnya. Cara ini bisa membantu kamu menurunkan berat badan 30 persen lebih banyak daripada lari biasa.

Perpanjang Waktu Latihan

Berapa menit biasanya kamu habiskan untuk melakukan latihan olahraga? Coba tambahkan 10-15 menit dari waktu yang biasa kamu habiskan untuk olahraga jika kamu benar-benar ingin menurunkan berat badan. Berjalan cepat selama lima menit dapat membakar hingga 45 kalori. Semakin banyak waktu yang kamu tambahkan untuk berolahraga, semakin banyak lemak yang terbuang.

Mengangkat Lutut Tinggi-Tinggi

Kamu juga bisa melakukan olahraga kardio yang mudah seperti berjalan atau berlari di tempat dengan mengangkat lutut setinggi perut. Lakukan ini selama 15-20 menit. Olahraga ini juga bisa kamu lakukan sambil melakukan hal lain, misalnya mendengarkan lagu favorit atau menonton tayangan favorit.

Gerakan ini dapat menguatkan otot-otot bagian bawah seperti perut dan paha. Jika kamu ingin mendapatkan perut rata, coba lebih berkonsentrasi untuk menggunakan otot perut ketimbang otot kaki pada saat mengangkat lutut dan angkatlah lutut setinggi mungkin yang kamu bisa.

Variasi Gaya Push-Up di Treadmill

Jika kamu biasa berolahraga treadmill dengan cara biasa, cara ini bisa menurunkan berat badan kamu lebih banyak. Caranya, atur posisi tubuh condong ke depan dengan tangan menopang pada pegangan treadmill dan kaki akagk condong ke belakang, seperti gerakan akan push-up. Kemudian, mulai nyalakan treadmill perlahan dan mulailah bejalan. Lakukan selama 1-2 menit. Gerakan ini dapat menarik otot perut lebih kuat dan pembakaran lemak lebih efektif.

(Visited 212 times, 1 visits today)