4 Tips Ampuh Atur Keuangan Jelang Lebaran

101 views Leave a comment
4 Tips Ampuh Atur Keuangan Jelang Lebaran

Dailymoslem – Menjelang Lebaran, ada banyak kebutuhan mulai dari belanja menu khas Lebaran, kue Lebaran, hingga baju Lebaran yang seringkali menguras kantong. Namun, hal ini bisa dicegah jika Anda merencanakan keuangan dengan baik.

Berikut ini 4 tips ampuh dilansir dari LiveOlive untuk mengatur keuangan agar kantong tidak kempes selepas Lebaran.

Belanja Lebih Awal

Sebagian orang memang terkadang menunggu turun THR dan diskon Lebaran untuk belanja. Namun, sebenarnya tak jarang toko-toko yang menaikkan harga sekitar satu atau dua minggu menjelang Lebaran. Sebaiknya belanja baju Lebaran dari jauh-jauh hari agar lebih hemat. Selain itu, memanfaatkan diskon atau gratis ongkos kirim dengan berbelanja online juga bisa Anda coba.

Gunakan Uang Cash

Kemudahan membayar dengan kartu elektronik seringkali membuat orang lepas kontrol. Hal ini sangat berbahaya jika tiba-tiba rekening bank kosong karena belanja, atau lebih parahnya lagi, belanja tak terkontrol menggunakan kartu kredit yang bisa menyebabkan Anda terjerat utang. Sebaiknya gunakan uang cash agar Anda tahu berapa uang yang Anda gunakan dan berapa sisanya untuk digunakan di keperluan lain.

Buat Kue Sendiri

Membuat kue Lebaran sendiri di rumah juga dapat membantu Anda lebih berhemat banyak. Dengan uang yang Anda keluarkan untuk setoples kue Lebaran di supermarket, Anda bisa membuat lima sampai enam toples kue di rumah. Tidak ada salahnya mencoba membuka buku resep atau mencoba resep andalan keluarga.

Buat Anggaran yang Jelas

Agar anggaran tetap terkontrol, buat daftar anggaran dengan budget tersendiri untuk masing-masing anggaran. Misalnya anggaran untuk baju Lebaran, anggaran kue, anggaran ketupat dan opor, anggaran angpau keluarga dan anggaran lainnya yang disesuaikan dengan pemasukan yang Anda miliki. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari berbelanja terlalu banyak hingga melebihi pemasukan.

(Visited 126 times, 1 visits today)