4 Hikmah Luar Biasa Dari Putus Cinta

210 views Leave a comment
4 Hikmah Luar Biasa Dari Putus Cinta

Dailymoslem – Putus cinta memang tidak menyenangkan. Mengalaminya, membuat nafsu makan berkurang, tidur tak nyenyak dan lesu yang berkelanjutan. Lebih parah lagi, dalam beberapa kejadian putus cinta mengakibatkan seseorang menjadi gila dan nekad menghabisi nyawa sendiri. Naudzubillah.

Apa yang menurut kita baik, belum tentu baik pada kenyataannya. Ya, begitupun dengan masalah hubungan dengan seseorang. Terlihat baik namun ternyata jauh dari yang diharapkan. Wajah tampan tapi ternyata acuh pada keluarga. Otak pintar tapi jauh dari agama. Ah, ternyata putus pun menyimpan hikmah luar biasa bagi kehidupan kita.

Putus itu, menyelamatkan kita dari pasangan yang buruk

Menyakitkan sih, tapi lebih menyakitkan mana jika selamanya hidup dengan pasangan yang berkarakter buruk. Tukang selingkuh misalnya, atau mereka yang ringan tangan alias gampang melakukan kekerasan. Aduh, lebih baik putus dari pada hidup tersiksa terus menerus.

Putus itu, waktu spesial untuk mulai memantaskan diri

Kadang, manusia harus dihadapkan dulu pada sesuatu yang pahit untuk menyadari sesuatu. Misalnya, ternyata selama ini kita belum siap membina rumah tangga, yang menjadi tujuan dari hubungan itu sendiri. Pihak laki-laki belum mampu menafkahi, pihak wanita belum siap membenahi atau masih sama-sama mendahulukan ego sendiri.

Iya sih, memang ada yang bisa mempersiapkannya sembari tetap menjalin hubungan, tetapi banyak drama putus-nyambung atau perang-perang yang harus dilalui. Jadi dari pada menambah beban, putus bisa menjadi solusi yang harus di syukuri. Siapa tau pada saat yang tepat nanti, kita bertemu kembali lengkap dengan kesiapan yang lebih terkendali.

Putus itu, hindarkan diri dari dosa

Jangan dekati zina. Kata-kata itu sepertinya sudah sering dikatakan banyak orang. Guru, Ustadz, Orang tua bahkan hati kecil kita sendiri. Zina bukan hanya sebatas hubungan intim saja tetapi bisa terjadi di hati, di mata, di telinga dan lain sebagainya. Selain itu, larangannya bukan jangan melakukan zina tetapi mendekati zina. Dengan kata lain apapun prilaku yang mendektai perbuatan zina haram hukumnya.

Putus itu, membuka mata kita

Hayo ngaku, siapa yang setelah putus baru sadar bahwa kasih sayang tidak hanya didapat dari pasangan? Selama ini mungkin kita lupa, ada kasih sayang hakiki dari Allah yang hanya kita terima namun tak pernah di syukuri. Kita lupa, bahwa ada keluarga yang siap menghangatkan hati kapan pun kita perlu. Kita lupa, bahwa ada tawa lain yang mampu membahagiakan hati yang penuh luka. Ayolah, bahagia tak hanya ada saat berdua. Bahagia ada saat kita mau membuka mata dan menerima.

Hal-hal diatas merupakan beberapa hikmah dari putus cinta. Selain itu, Allah merasa cemburu ketika hambanya menaruh harapan pada orang lain.

Ketika hatimu terlalu berharap kepada seseorang maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya sebuah pengharapan, supaya kamu mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui hati yang berharap selain Dia. Maka Allah menghalangimu dari perkara tersebut agar kamu kembali berharap kepada-Nya.” (Imam Syafi’i)

 

Baca Juga:

4 Hal Dari Wanita Yang Lebih Dipilih Pria Daripada Kecantikan

5 Masalah yang Akan Dihadapi Pengantin Baru Di Awal Pernikahan

3 Cara Atasi Masalah Pada Tahun-Tahun Pertama Pernikahan

 

(Visited 370 times, 1 visits today)