4 Cara Minum Air Sesuai Tuntunan Islam

97 views Leave a comment
4 Cara Minum Air Sesuai Tuntunan Islam

Dailymoslem – Islam melalui Nabi Muhammad SAW memberikan tuntunan kepada umatnya baik dari hal kecil hingga hal-hal besar. Dalam minum air pun Islam mengaturnya dengan 4 cara sebagai berikut:

  1. Memulainya dengan basmalah

Diterima dari Abu Hudzaifah – melalui – Hudzaifah ra katanya: “Jika kami sedang menghadapi hidangan bersama Nabi SAW, maka kami tidak menyentuh makanan itu sebelum Rasulullah SAW mulai mengambilnya lebih dulu. Dan pada suatu kali, kami menghadapi hidangan bersamanya, tiba-tiba datanglah seorang anak gadis, seolah-olah ada yang mendorongnya dari belakang, lalu maju ke depan untuk mengambil makanan. Tetapi tangannya dipegang oleh Nabi SAW. Kemudian datang juga seorang badui seperti ada yang mendorongnya, maka Rasulullah SAW memegang tangannya pula.

Lalu sabda Nabi SAW: “Sesungguhnya syetan menganggap halal sesuatu makanan yang tidak dibaca padanya nama Allah, maka ia datang dengan anak gadis ini untuk merebutnya. Itulah sebabnya ia saya larang. Lalu ia datang pula. Demi Tuhan yang diri saya berada dalam kekuasaan-Nya, sesungguhnya tangan syetan itu berada dalam genggaman saya, demikian pula tangan gadis itu.” (HR Muslim).

 

  1. Minum dengan tangan kanan

Diterima dari Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah SAW berdabda: “Jika salah seorang di antara kamu makan, maka hendaklah ia makan dengan tangan kanannya, karena sesungguhnya syetan itu makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).

 

  1. Larangan minum sambil berdiri

Dari Qatadah dari Anas, dari Nabi SAW bahwa ia melarang seseorang minum sambil berdiri. Tanya Qatadah: “Bagaimana dengan makan?”

Jawabnya: “Itu lebih buruk atau lebih keji lagi!”

(HR. Muslim).

Larangan minum sambil berdiri ini diartikan sebagai hal yang makruh untuk dilakukan.

  1. Larangan bernapas pada minuman

Diterima dari Ibnu Abbas bahwa Nabi SAW melarang bernapas dalam bejana atau menghembus di dalamnya. (Diriwayatkan oleh yang berlima kecuali Nasa`I, serta dinyatakan shahih oleh Turmudzi).

Bernapas dalam bejana/gelas atau menghembus minuman, adakalanya menyebabkan beterbangan debu-debu dan kotoran ludah yang menjijikkan orang yang meminum sesudah itu, atau menyebarkan penyakit ke dalam air atau bejana/gelas yang akan menularkannya kepada orang lain. Oleh karenanya Rasulullah SAW melarang bernapas dalam bejana dan menghembus minuman padanya, seperti dikutip dari Sunnah-Sunnah Pilihan: Makanan dan Minuman, serta Hewan Qurban Sembelihan.

Baca Juga:

Wah, Minum Teh Ternyata Bahaya Untuk Ibu Hamil

Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari

4 Minuman Yang Bisa Mengembalikan Cairan Tubuh Dan Energi Setelah Berpuasa

(Visited 241 times, 1 visits today)