3 Keutamaan Luar Biasa Dari Puasa Arafah

271 views Leave a comment
3 Keutamaan Luar Biasa Dari Puasa Arafah

Dailymoslem – Berdosa mungkin menjadi salah satu hal yang manusiawi. Kita semua tahu bahwa tidak ada satupun yang sempurna di dunia ini. Meski sudah melakukan yang terbaik untuk menjauhi hal-hal yang dilarang oleh agama, namun namanya juga manusia satu atau dua kesalah masih saja dilakukan.

Namun jangan risau, ada kesempatan untuk menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan. Jika ada kesempatan seperti itu, akankah kita menyia-nyiakan nya?

Kesempatan itu adalah dengan melakukan puasa Arafah. Ya, puasa pada 9 Dzulhijjah. Puasa satu hari ini disunnahkan bagi mereka yang tidak melakukan wukuf di Arafah. Hal ini sesuai dengan penjelasan Imama Nawawi dalam Al Majmu (6:428) yang mengatakan “Adapun hukum puasa Arafah menurut Imam Syafi’I dan ulama Syafi’iyah: disunnahkan puasa Arafah bagi yang tidak berwukuf di Arafah. Berikut ini keutamaan puasa Arafah.

Menghapus Dosa

Dengan berpuasa pada hari Arafah (9 Dzulhijjah) insya Allah dosa selama setahun kebelakang dan setahun kedepan diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,

Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang” (HR. Muslim)

Membebaskan Dari Api Neraka

Bagaiamana dapat masuk kedalam neraka, jika dosa-dosa kita selama hidup diampuni saat berpuasa Arafah. Masya Allah sungguh karunia yang tak terhingga. Rasulullah bersabda,

Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menapakkan keutamaan mereka pada para malikat.” (HR. Muslim)

Termasuk Waktu Makbulnya Doa

“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir (Tidak ada Ilah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. MilikNyalah segala kerajaan dan segala pujian, Allah Maha Menguasai segala sesuatu).” (HR. Tirmidzi)

 

Sangat rugi jika waktu tersebut tidak kita gunakan sebaik-baiknya. Jadi jangan lupa untuk bangun sahur dan melaksanakan puasa Arafah ya.

(Visited 241 times, 1 visits today)