11 Alasan untuk Makan Apel Setiap Pagi

99 views Leave a comment
11 Alasan untuk Makan Apel Setiap Pagi

DailymoslemAn apple a day, keeps the doctor away. Istilah ini ternyata memang benar adanya, karena konsumsi apel secara rutin setiap hari dapat menjaga tubuh tetap sehat dan juga menjauhkan kita dari berbagai penyakit.

Apel banyak mengandung antioksidan, vitamin C dan fiber yang dapat memberikan berbagi manfaat untuk kesehatan tubuh, juga snack yang paling sehat. Berikut 11 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan konsumsi apel setiap pagi yang dilansir dari healthmindbodies.com.

Menurunkan Berat Badan

Satu setengah apel besar atau sekitar 300 gram apel jika dimakan secara rutin setiap pagi bisa menurunkan berat badan hingga 1,5 kg dalam waktu 12 minggu. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa makan apel satu jam setengah sebelum jam makan bisa menurunkan kalori yang dikonsumsi dari makanan tersebut.

Mencegah Diabetes

Apel juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 30% jika dikonsumsi secara rutin setiap pagi. Hal ini dikarenakan apel sangat kaya akan fiber yang jika dimakan dalam jumlah banyak bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Apel juga mengandung antioksidan yang dapat memperlambat tubuh mencerna gula.

Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular atau gangguan kesehatan yang melibatkan fungsi sistem kardiovaskular atau jantung dan pembuluh darah juga bisa dicgah dengan konsumsi apel secara rutin setiap pagi. Apel dapat menurunkan risiko terkena pennyakit kardiovaskular hingga 43% bagi laki-laki dan 19% bagi perempuan.

Mencegah Kanker

Para peneliti dari American Association for Cancer Research juga merekomendasikan konsumsi apel untuk menurunkan risiko terkena kanker pankreas hingga 23%.

Mencegah Penyakit Batu Empedu

Makanan kaya fiber seperti apel bisa menurunkan risiko terkena penyakit batu empedu, terutama untuk orang-orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Mencegah Alzaimer

Meski belum dibuktikan secara medis, konsumsi apel secara rutin juga disebut-sebut bisa mengurangi risiko terkena alzaimer atau gangguan memori.

Mencegah Penyakit Parkinson

Parkinson adalah penyakit atau gangguan pada motorik halus yang menyababkan gerak menjadi lambat dan juga tubuh bergetar. Penyakit ini juga bisa dicegah dengan konsumsi apel secara rutin.

Mencegah Asma

Apel juga baik untuk mereka yang menderita asma. Menurut penelitian yang dilakukan di Inggris, orang yang makan 2 sampai 5 apel seminggunya dapat mengurangi risiko asma sebesar 30%.

Menguatkan Tulang

Apel yang kaya kalsium juga dapat membantu menyehatkan dan menguatkan tulang.

Memutihkan Gigi

Saat menggigit dan mengunnyah apel, apel akan berfungsi sama seperti sikat gigi dan pasta gigi yang menghapus noda di gigi.

Detiksifikasi Hati

Apel yang mengandung pectin dan antioksidan merupakan detoks yang baik untuk tubuh. Setidaknya dua apel per hari dapaat menjadi cara paling ampuh untuk mendetoks hati.

(Visited 123 times, 1 visits today)