Tips Dari Retnohening Untuk Tumbuhkan Minat Baca Anak

821 views Leave a comment
Tips Dari Retnohening Untuk Tumbuhkan Minat Baca Anak

Dailymoslem – Menularkan kebiasaan positif pada buah hati memang butuh trik tersendiri. Meskipun biasanya kebiasaan anak merupakan cerminan dari kebiasaan orang tuanya, namun kita tetap bisa lho menumbuhkan hal positif pada anak sejak ia kecil. Misalnya, kebiasaan membaca.

Hanya memberikan buku bacaan yang penuh gambar untuk menarik sang buah hati, sepertinya bukan solusi yang paling tepat. Sebagai orang tua, alangkah baiknya kita menemani anak membaca atau membacakan buku tersebut sambil menunggu kantuk tiba. Seperti yang dilakukan oleh Ibunda Kirana, pemilik akun instagram Retnohening.

Retno menceritakan bahwa ia mengenalkan kirana pada buku sejak usia enam bulan dengan memberikan soft book yang berisikan banyak gambar. Saat itu, Kirana belum dibacakan buku secara keseluruhan melainkan hanya disebutkan benda atau makhluk yang ada pada gambar. Setelah Kirana terlihat mulai tertarik dan terbiasa, Retno pun membacakan ceritanya dengan bahasa yang lebih sederhana.

Banyak yang tanya ttg kapan kirana dibacakan buku, jawabannya sejak umur 6 bulan, saya mengenalkan kirana soft book.yg isinya gambar2 sejak umur 6 bulan..ya cuma mention nama2 nya aja”

Wanita asal Duri, Riau mengaku bahwa selama ini dirinya harus membaca bukunya terlebih dahulu sebelum menemani Kirana membaca. Hal ini dilakukan Retno untuk dapat mengira-ngira bagaimana cara paling baik menceritakan kisah dalam buku tersebut pada Kirana.

Utk bacain buku kirana saya harus baca bukunya dlu bisa mengira2 gimana ceritanya ke kirana biar dia paham isinya haha..”

Retno pun berkelakar jika sampai saat ini Kirana tidak mengetahui cerita-cerita mengenai princess yang memiliki unsur tidak masuk akal. Bukan karena tidak menyukai cerita-cerita tersebut, namun dirinya belum tahu  caranya menjelaskan bagaimana bisa setelah dicium kodok bisa berubah menjadi pangeran.

Makanya saya belum pernah bacakan buku2 princess ke kirana atau dongeng2 princess..krn saya belum tau gimana cara menjelaskan ke kirana apa itu pangeran..kenapa kodok dicium bisa jadi pangeran..kenapa labu bisa jadi kereta kuda..gitu..jdi sampai skrg kirana belum kenal cerita princess..haha dia cm tau princess adalah sesosok perempuan yg pake mahkota dan rok lebar..udah hahaha bukan krn apa2.. Krn saya belum bisa menjelaskannya aja..” Jelas Retno dengan rendah hati. 

Kirana suka baca buku apa? "brain..rainbow..rain..butterfly..sun.." Kirana suka dibacain buku apa main sama ibuk? "baca buku" Kenapa? "gara2..gara2.." Seneng aja? " iya..tapi beneran.." hehehehe – – Membacakan buku utk kirana: Banyak yang tanya ttg kapan kirana dibacakan buku, jawabannya sejak umur 6 bulan, saya mengenalkan kirana soft book.yg isinya gambar2 sejak umur 6 bulan..ya cuma mention nama2 nya aja… Hehe lama2 saya menceritakan isinya dengan kalimat sederhana..sampai saat inipun saya menceritakan buku ke kirana tidak bacaan aslinya krn dalam bahasa inggris..tetap dibacakan sih..tapi abis itu diceritakan lagi pake bahasa indonesia dan saya coba jelaskan dengan kalimat sederhana yang kira2 kirana bisa paham ceritanya dan maksud ceritanya..sambil baca juga suka nanya santai ini apa dan ada berapa.. Utk bacain buku kirana saya harus baca bukunya dlu bisa mengira2 gimana ceritanya ke kirana biar dia paham isinya haha.. Makanya saya belum pernah bacakan buku2 princess ke kirana atau dongeng2 princess..krn saya belum tau gimana cara menjelaskan ke kirana apa itu pangeran..kenapa kodok dicium bisa jadi pangeran..kenapa labu bisa jadi kereta kuda..gitu..jdi sampai skrg kirana belum kenal cerita princess..haha dia cm tau princess adalah sesosok perempuan yg pake mahkota dan rok lebar..udah hahaha bukan krn apa2.. Krn saya belum bisa menjelaskannya aja..hihi ntar mungkin..hahaha belajar dlu mamaknya ya…

A post shared by retno hening palupi (@retnohening) on

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah sudah mulai menulakan semangat membaca pada anak?

 

Baca juga:

Ini Lho Metode Ajari Bayi Agar Bisa Baca, Ternyata Menyenangkan!

Wah, Ternyata Begini Retno Hening Saat Membesarkan Kirana

Yuk Kenalan Sama Kirana, Balita Imut Yang Punya Banyak Video Lucu

(Visited 1 times, 1 visits today)