Cara Mendidik Anak Agar Tak Sombong Saat Menang Dan Tak Minder Saat Kalah

174 views Leave a comment
Cara Mendidik Anak Agar Tak Sombong Saat Menang Dan Tak Minder Saat Kalah

Dailymoslem – Rasa bangga saat meraih sebuah kemenangan pastinya akan dirasakan setiap orang. Kemenangan yang diraihpun bisa menjadi salah satu faktor orang memiliki rasa sombong apalagi jika ia sering mendapatkannya.

Sebagai orang tua, pasti kita tidak ingin sifat sombong dan merendahkan orang lain ada pada diri anak. Oleh karena itu harus ada beberapa hal yang dilakukan agar anak paham bahwa sifat tersebut tidak boleh dilakukan.

Bagi anak yang memiliki saudara, konsep menang-kalah pasti akan lebih mudah diterapkan. Hal ini juga akan membuat anak-anak jauh lebih paham bagaimana caranya bersikap saat mendapatkan kemenangan atau mengalami kekalahan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar anak-anak tidak berlaku sombong saat mendapatkan kemenangan dan minder saat kalah.

Berikan Pandangan Lain

Bila anak cenderung sombong saat mendapatkan kemenangan, cobalah untuk berbicara dengannya sambil menyisipkan beberapa pertanyaan agar ia melihat sudut yang berbeda seperti ‘apa yang akan kamu rasakan jika tadi kalah?‘. Dengan memberikan padangan lain seperti itu, anak akan mulai berempati dan meredam rasa sukacitanya yang berlebihan.

Berikan Tontonan Berpesan Moral yang Menarik

Banyak sekali video dengan pesan moral yang dibuat untuk anak-anak. Dengan konsep tokoh kartun yang menarik, video-video tersebut akan memudahkan anak untuk belajar berempati.

Hindari Memarahi Anak Jika Mengalami Kekalahan

Terkadang, orang tua merasa gereget saat anak mengalami kekalahan. Entah karena rasa kecewa yang memuncak, namun memarahi anak saat kalah bukanlah hal yang bijaksana. Tetap dukung anak dan besarkan hatinya, agar ia tidak minder atau malu untuk berlomba lagi.

Nah itu dia tiga tips untuk membuat anak tidak  memiliki sifat sombong dan mider saat berkompetisi.

Baca juga:

Hati-Hati, Ini Dampak Buruk Jika Anak Sering Dibentak

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Anak Menjadi Pemarah dan Pendendam

Ajari Tauhid Pada Anak Dengan Cara Menyenangkan Berikut Ini

 

(Visited 236 times, 1 visits today)