Wanita Membutuhkan Ilmu Untuk Jadi Makmum Yang Baik

568 views
produktivitas

Dailymoslem –  Ilmu adalah salah satu hal yang paling penting di dunia ini. Dengan ilmu, bukan hanya dunia yang bisa kita genggam tapi akhirat juga. Ada pepatah mengatakan bahwa carilah ilmu sampai negeri Cina. Itu artinya Ilmu sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang.

Dalam Islam, semua orang berhak mendapatkan Ilmu. Entah itu laki-laki atau perempuan semuanya memiliki hak yang sama. Lelaki membutuhkan ilmu untuk menjadi imam bagi keluarganya, sedangkan wanita membutuhkan ilmu untuk menjadi makmum yang baik.

Rasulullah pun pernah memberikan waktu khusus untuk mengajari para wanita tentang ilmu yang telah Allah ajarkan.

Dari Abu Sa’id Al Khudriy radhiyallahu ‘anhu, ia mengatakan bahwa ada seorang wanita menghadap Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata, “Wahai Rasulullah, kaum laki-laki telah memborong waktumu. Oleh karenanya peruntukkanlah untuk kami sebuah waktu khusus yang engkau tetapkan sendiri. Pada waktu itu kami akan mendatangimu lalu engkau ajarkan kepada kami ilmu yang telah Allah ajarkan kepadamu.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas bersabda, “Berkumpullah kalian pada hari ini dan ini di tempat ini.”  Kaum wanita pun berkumpul, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu mendatangi mereka dan mengajari mereka ilmu yang telah Allah ajarkan kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mereka sangat bersemangat untuk mencari ilmu. Meskipun sudah mendengarkan kajian dan nasihat-nasihat Rasulullah di masjid namun, mereka tetap menuntut adanya majelis khusus bagi perempuan.

Waah.. sebagai wanita modern kita juga jangan kalah semangat untuk mencari ilmu lagi, lagi dan lagi.

Semangat untuk jadi wanita yang jauh lebih baik!

 

 

 

(Visited 563 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS