Trik Mudah Agar Si Kecil Tak Lagi Malas Shalat Subuh

518 views Leave a comment
Trik Mudah Agar Si Kecil Tak Lagi Malas Shalat Subuh

Dailymoslem – Membiasakan anak untuk shalat shubuh harus dilakukan sedini mungkin, sebab kebiasaan itu akan melekat hingga besar dan terus terbawa. Jika ia sudah terbiasa sejak kecil untuk tidur di waktu subuh, maka kita tidak bisa tiba-tiba berharap ia bisa bangun subuh saat usianya 10 tahun.

Itulah pentingnya mengajak anak untuk bangun di subuh hari dan menunaikan shalat bahkan sejak usianya masih dini, misalnya di usia 4 atau 5 tahun. Berikut ini beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membiasakan anak bangun subuh.

Berikan Pemahaman Tentang Pentingnya Shalat Subuh

Agar anak memiliki tujuannya tersendiri untuk bangun dan shalat subuh, berikan pemahaman seperti bahwa shalat subuh adalah shalat yang istimewa, bahwa malaikatpun menyaksikan dan mengaminkan do’a orang yang menunaikan shalat subuh. Berikan juga alasan lainnya seperti, orang yang bangun subuh akan selalu tepat waktu dan punya banyak waktu, dibanding mereka yang shalat subuhnya saat matahari sudah hampir terbit, shalatnya akan terburu-buru dan hidupnyapun akan serba terburu-buru.

Semua ini tergantung kreativitas Bunda untuk menjelaskan kepada anak dan membuat anak memiliki motivasinya sendiri untuk bangun dan sholat subuh.

Manajemen Waktu Tidur Si Kecil

Pola tidur si kecil akan berpengaruh juga pada kemampuan anak untuk bangun pagi. Jika anak tidur terlalu larut, kemungkinan juga akan sulit untuk bangun subuh. Biasakan anak untuk tidur tak lebih dari jam 9 malam, agar sudah tidur dengan cukup ketika kita membangunkannya untuk sholat subuh. Kebiasaan tidur ini juga perlu dilakukan sedini mungkin agar lebih mudah untuk menerapkannya.

Berikan Reward

Memberikan reward pada si kecil juga tak harus selalu berupa materi. Bunda bisa memberikan reward berupa bintang yang ditempelkan di kalender setiap si kecil berhasil bangun dan melakukan sholat subuh, begitu juga dengan sholat lainnya. Cara ini akan memacu si kecil untuk berusaha mencapai target dan mengumpulkan bintang sebanyak mungkin di kalender sholat mereka.

Semoga berhasil!

(Visited 1 times, 1 visits today)