Tiga Respon Allah Atas Do’a yang Kita Lantunkan

840 views
berdoa2

Dailymoslem – Terkadang kita merasa Allah tak juga mengabulkan do’a yang kita panjatkan setiap malam, padahal kita sudah berdo’a dengan sepenuh hati dan benar-benar menginginkan hal tersebut.

Ketahuilah, sebenarnya Allah lebih mengetahui apa yang kita butuhkan dalam hidup ini ketimbang diri kita sendiri. Meski kita merasa tahu segala tentang diri kita, sesungguhnya Allah Sang Pemilik lebih mengetahui hal tersebut daripada kita.

Allah sudah mengingatkan pada hambaNya untuk berdo’a, karena sesungguhnya Allah itu dekat. Namun, ada tiga respon yang diberikan Allah untuk do’a-do’a yang kita panjatkan.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam bersabda:

“Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat, pen) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal:
[1] Allah akan segera mengabulkan do’anya,
[2] Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan
[3] Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.” Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdo’a.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan do’a-do’a kalian.” (HR. Ahmad 3/18. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanadnya jayyid).

Dari hadits ini dapat disimpulkan bahwa Allah merespon pada do’a-do’a hambanya dengan 3 cara, yaitu dikabulkan, ditunda dan diganti dengan yang lain.

(Next: Do’a yang Dikabulkan)

(Visited 386 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS