Tertimpa Masalah Besar? Coba Bacalah Doa Ini

306 views Leave a comment
Tertimpa Masalah Besar? Coba Bacalah Doa Ini

Dailymoslem – Masalah merupakan hal yang pasti datang di setiap kehidupan manusia di dunia, karena dengan adanya masalah manusia dapat belajar menjadi lebih baik dan juga lebih dekat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Beberapa masalah yang menimpa memang terasa sangat berat sehingga bisa saja membuat seseorang melakukan hal-hal yang tidak baik menurut agama.

Meski begitu, masalah yang datang merupakan hal yang pasti dapat diselesaikan. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Baqarah,

Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya… (Q.S Al-Baqarah: 286)

Memang benar, ketika masalah datang hidup rasanya sangat berat. Kepala dipenuhi dengan pikiran-pikiran buruk sehingga mempersulit keadaan. Kadang, kita juga jadi merasa doa-doa yang dipanjatkan seperti tak berlaku untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun sekali lagi, kita harus yakin bahwa masalah tersebut berasal dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan tujuan untuk membuat kita menjadi seseorang yang jauh lebih baik atau menguatkan kembali keimanan kita.

Menyikapi masalah besar yang membelit tersebut, sudah seharusnya kita sebagai manusia menyerahkannya kepada Allah sembari terus berikhtiar melakukan yang terbaik sebisa mungkin. Ada satu do’a yang bisa kita panjatkan saat ditimpa masalah, berikut ini bunyinya,

“Hasbiyallahu lidiini hasbiyallahu lidun yaaya hasbiyallahu limaa ahammanii hasbiyallahu limam baghoo ‘alayya hasbiyallahu liman kaadanii bisuuin walaa haula walaa quwwata illaa billaah.”

“Cukuplah Allah bagi agamaku, cukuplah Allah bagi duniaku, Allah mencukupi bagi apa yang menyusahkanku, Allah mencukupi bagi yang menganiaya aku, Allah mencukupi bagi yang berniat jahat kepadaku, tidak ada daya upaya dan tidak ada tenaga melainkan pertolongan Allah.”

Dengan menyerahkan semuanya kepada Allah, kita telah mengakui bahwa setiap masalah atau apapun yang terjadi pada kehidupan kita berasa dari Allah dan akan kembali pada-Nya.

Baca juga:

Bagaimana Cara Menyikapi Doa Tak Kunjung Di Kabulkan

Satu Doa Yang Diajarkan Rasulullah Agar Tetap Dilindungi Dari Hilangnya Kenikmatan

2 Doa Agar Terhindar Dari Lilitan Hutang

Pakaian Yang Kita Kenakan Ternyata Bisa Hambat Terkabulnya Doa

 

(Visited 210 times, 1 visits today)