Ternyata Allah Tidak Menyandingkan Kekayaan Dengan Kemiskinan, Melainkan..

2050 views

Dailymoslem –  Assalamualaikum Shaleh wa Shaleha! Semoga setiap harinya kita selalu bisa lebih baik dari hari kemarin. Dalam menjalani hidup pastilah kita selalu mengalami perputaran nasib. Seperti yang awalnya miskin menjadi kaya, sakit menjadi sembuh dan juga sebaliknya.

Ya, hampir setiap hal yang menemui kita memiliki kebalikan. Misalnya sehat dan sakit, kaya dan miskin, kurus dan gendut dan lain sebagainya. Namun, dalam laman seorang dosen paling memukai yang saya kenal. Ada tulisan yang membuat saya terperangah. Tulisan tersebut adalah sebuah pertanyaan sederhana. Ia menyuruh kita untuk mengisi titik-titik dengan kata antonym kemudian mencocokannya dengan firman Allah. Pertanyaannya adalah seperti ini,

Isi titik-titik di bawah ini (mohon dijawab dengan jujur di dalam hati kita masing-masing)

  1. Allah menciptakan TERTAWA dan ..
  2. Allah itu MEMATIKAN dan ..
  3. Allah menciptakan LAKI-LAKI dan ..
  4. Allah memberikan KEKAYAAN dan ..

Bila kita menjawab soal sederhana tersebut pastilah jawaban kita adalah seperti berikut ini,

  1. MENANGIS
  2. MENGHIDUPKAN
  3. PEREMPUAN
  4. KEMISKINAN

Namun apakah jawaban itu benar? Ternyata tidak sama sekali. Jawabannya ada dalam Al-Quran Surat An-Najm ayat 43-45 dan 48.

Dan Dia-lah yang menjadikan orang tertawa dan menangis.” (Q.S An-Najm: 43)

“Dan Dia-lah yang mematikan dan menghidupkan.” (Q.S An-Najm: 44)

“Dan Dia-lah yang menciptakan berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan.” (Q.S An-Najm: 45)

“Dan Dia-lah yang memberikan kekayaan dan kecukupan.” (Q.S An-Najm: 48)

Subahanallah, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dia tidak menyandingkan kekayaan dengan kemiskinan melainkan dengan kecukupan. Itu berarti semua makhluknya diberikan rezeki dan sudah barang pasti mencukupi.

(Baca juga: Percayalah Bahwa Allah Telah Berjanji Menambah Rezeki Bagi Orang Yang Menikah)

Jika kita selama ini berpikiran bahwa Allah memberikan kekayaan dan kemiskinan, berarti itu adalah bisikan dari syaitan. Allah Berfirman:

Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Q.S Al-Baqoroh)

Syaitan lah yang selama ini membisikan bahwa aka nada kemiskinan yang menimpa itulah yang menyebabkan ketakutan, ketidakadilan ekonomi, kemalasan dan kejahatan. Itulah sebabnya kita harus banyak bersyukur meskipun tidak dalam kehidupan yang kaya raya. Karena Allah telah berjanji memberikan kecukupan bagi semua manusia.

 

 

(Visited 4,773 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]