Tahukah Kamu, Kesakitan, Kesusahan dan Kelelahan adalah Penggugur Dosa

1138 views

Dailymoslem – Tak jarang kita mengeluh saat merasa sakit, susah dan lelah. Padahal, itulah saat-saat dosa kita berguguran setara dengan kesakitan, kesusahan dan kelelahan yang kita alami.

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam bersabda:

Tidaklah menimpa seorang mukmin kelelahan, sakit, keresahan, kesedian dan penderitaan sampai ada duri yang melukai kulitnya, kecuali semua itu Allah mengampuni dosa orang tersebut karena penderitaannya tadi.

(Baca juga: Kesulitan adalah Wujud Kasih Sayang Allah)

Abdullah bin Mas’ud ra berkata:

Aku masuk menemui Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau saat itu sedang mengalami sakita kepala, pusing pening. Lalu aku berkata, ya Rasul kelihatannya engkau sedang sangat-sangat pening, kata Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ya aku merasakan pening kepala seperti rasa pening yang dialami dua kali lipat yang biasa engkau alami. Lalu Abdullah bin Mas”ud berkata, kalau begitu engkau (Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam) mendapatkan dua pahala ya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau menjawab, ya seperti itu, tidaklah seorang muslim ditimpa suatu penyakit atau tertusuk duri bahkan yang lebih kecil daripada itu kecuali dengan hal itu Allah akan mengampuni dosanya dan digugurkan kesalahan-kesalahanya sebagaimana sebatang pohon menggugurkan daun daunnya. Hadist ini diriwayatkan oleh imam Bukhary dan Muslim dengan sanad yang shahih.

Saat kesakitan, kesusahan dan kelelahan menghampiri, sebaiknya kita bertawakkal kepada Allah karena sesungguhnya Allah tidak akan memberikan cobaan yang melebihi kemampuan hambaNya.

Nah, masihkah kita mau mengeluh saat dalam kesusahan?

(Baca juga: Hadapi 10 Ujian Terbesar dalam Hidup dengan 10 Surat Al-Qur’an Berikut Ini)

(Visited 466 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]