Subhanallah, Inilah Keutamaan Seorang Wanita Dalam Islam

8202 views

Dailymoslem – Akan jadi apa dunia ini tanpa kehadiran seorang wanita. Allah telah menciptakan pasangan yang sangat sempurna untuk manusia pertama yaitu Adam Alaihi Sallam. Pasangan yang dibuat dari tulang rusuknya yang menemani Adam di syurga maupun di dunia.  Dengan adanya wanita, memiliki keturunan pun jadi bukan sebuah hal yang tidak mungkin lagi.

Hadirnya Islam sebagai agama Allah yang paling benar memang telah mengubah harkat dan derajat wanita. Jika sebelumnya pada zaman jahiliyah wanita itu sangat tidak berharga, bahkan memiliki seorang anak wanita merupakan sebuah aib bagi keluarga. Namun, dengan hadirnya Islam diri seorang wanita sungguh sangat dijaga. Berikut ini adalah beberapa hal keutamaan wanita dalam Islam yang sering dilupakan.

  1. Wanita dalam Islam diibaratkan harta yang sangat berharga. Olehkarena itu diri seorang wanita haruslah dijaga dengan sebaik-baiknya. Disimpan dalam tempat yang paling aman dan paling baik. Islam mewajibkan wanita untuk mengulurkan jilbabnya hingga dada dan menutup semua auratnya. Hal tersebut menandakan bahwa Islam sangatlah menghargai dan menjaga kehormatan seorang wanita.
  2. Dalam Islam ada kententuan bahwa seorang wanita haruslah taat pada suaminya. Bahkan seorang istri harus lebih memilih patuh pada suami dibanding kepada orang tuanya (dalam hal yang baik). Namun ingatkah kita bahwa seorang ibu wajib ditaati oleh anak-anaknya tiga kali melebihi pada bapaknya.
  3. Wanita menerima warisan yang lebih sedikit daripada lelaki. Tapi harta tersebut benar-benar menjadi hak bagi dirinya sendiri dan tidak ada keharusan untuk diberikan kepada suami. Sedangkan suami jika mendapatkan warisan, ia wajib menggunakan harta tersebut untuk menghidupi anak dan istrinya.
  4. Seorang wanita memang harus mengalami kehamilan dan bersusah payah untuk menjalaninya. Tapi Allah memberikan pahala yang amat besar bagi perjuangan tersebut. Bahkan Allah memberikan ganjaran syahid pada wanita yang meninggal saat melahirkan.
  5. Seorang laki-laki di akhirat nanti akan dimintai pertanggung jawabannya atas istrinya, ibunya, anak perempuan dan laki-lakinya. Dengan kata lain, diri seorang wanita itu ditanggung oleh bapak, suami dan anak laki-lakinya.
  6. Seorang wanita diperbolehkan untuk memasuki pintu syurga melalui pintu yang mana saja yang disukainya. Wanita tersebut cukup memenuhi 4 syarat yaitu: shalat 5 waktu, puasa di bulan Ramadhan, taat pada suami dan menjaga kehormatannya.

Subhanallah, sungguh Allah sangat sayang pada makhluk bernama wanita. bersyukurlah kita diciptakan sebagai seorang wanita.

Alhamdulillah.

(Visited 5,183 times, 14 visits today)