Sholat Hajat, Kunci untuk Membuka Pintu Pengabulan Do’a dari Allah

493 views
sholat-shubuh

Dailymoslem – Pernahkah kita begitu ingin akan sesuatu, tapi Allah belum mengabulkan do’a kita meski kita terus mengucapnya setiap sehabis sholat?

Jika memang yang kita inginkan tersebut sifatnya halal dan untuk kebaikan kita tapi Allah belum juga mengabulkan, mungkin usaha kita belum cukup keras untuk meminta ridho Allah. Sebagaimana firman Allah SWT, “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,” (QS. Al-Baqarah: 45).

(Baca juga: Keutamaan Sholat Tahajjud yang Menakjubkan)

Abdullah bin Abu Aufa RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW keluar menemui kita, kemudian bersabda, “Barangsiapa memiliki hajat (kebutuhan) terhadap Allah atau kepada seseorang dari Bani Adam, maka hendaklah berwudhu dan baik cara wudhunya, kemudian shalat dua rakaat.” Rasulullah mekanjutkan, “Setelah itu, hendaklah ia memanjatkan puji ke hadirat Allah, bershalawat kepada Nabi dan membaca, ‘Tiada ilah selain Allah yang Mahasantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan ‘Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam, aku mohon kepada-Mu hal-hal yang bisa mendatangkan rahmat-Mu, sebab-sebab datangnya ampunan-Mu, perlindungan dari segala noda, keuntungan dari segala kebajikan, dan keselamatan dari segala dosa. Janganlah Engkau sisakan dosa untukku kecuali Engkau telah mengampuninya, jangan sisakan kegalauan kecuali Engkau telah menghilangkannya, jangan sisakan hajat yang Engka meridhainya kecuali Engkau telah menunaikannya, duhai Dzat yang paling pemurah.’ Kemudian hendaklah ia meminta dari urusan dunia dan akhirat yang dihendakinya, karena urusan itu akan dikabulkan,” (HR. Tirmidzi, Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Pada intinya, dalam sholat hajat ini kita memohon ampunan Allah, barangkali seusuatu tersebut belum juga kita dapatkan karena dosa-dosa kita yang menumpuk sehingga kita belum pantas mendapatkannya. Sholat hajat juga merupakan upaya untuk membujuk Allah dengan mendekatkan diri pada-Nya untuk mengabulkan keinginan kita. Sama seperti saat kita membujuk orangtua untuk membelikan apa yang kita inginkan.

(Next: Tatacara dan Bacaan Sholat Hajat)

(Visited 536 times, 1 visits today)