Rizal Fadila, Berjualan Kue Keliling Karena Ingin Beli Al-Qur’an

247 views Leave a comment
Rizal Fadila, Berjualan Kue Keliling Karena Ingin Beli Al-Qur'an

Dailymoslem – Rizal mengantongi ijin dari kedua orangtuanya untuk berbelanja  setelah menyanggupi syarat untuk tetap menjaga nilai sekolahnya di angka 80.

Awal mulanya, ternyata Rizal berkeinginan untuk berjualan kue keliling setelah ia kehilangan tas berisi Al-Qur’an yang ditinggalnya di mushala selepas mengaji, padahal Rizal sedang menghapal berusaha menghafal Al-Qur’an atau tahfidz. Sejak saat itu, Rizal yang baru kelas II SD bersikeras untuk berjualan kue keliling agar bisa membeli tas sekolah dan Qur’an baru.

“Niatnya mau menabung beli tas dan Alquran. Sekarang ia sudah mampu menghafal 2 juz dan 7 surat Alquran,” kata Johansyah, ayah dari Rizal pada Kompas.com.

Setelah kurang lebih empat tahun berjualan kue keliling di daerah Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, Zyah Rizal Fadilah yang kini sudah kelas 6 SD sudah bisa membeli sepeda BMX seharga Rp. 700.000 yang digunakannya untuk berangkat dan pulang sekolah.

Mempertahankan Nilai 80

Salah satu dari konsekuensinya untuk bisa tetap berjualan adalah mempertahankan nilai-nilai sekolahnya di angka 80. Hal ini juga bukan tanpa perjuangan, ibunya sempat melarang Rizal berjualan karena sewaktu kelas III SD Rizal sempat mendapat nilai di bawah 80.

Namun, Rizal bersikeras untuk tetap berjualan dan berjanji akan memperbaiki nilainya. Rizalpun kembali berjualan dan nilainya kembali naik ke angka 80. Jika anak-anak seusianya lebih suka bermain sepulang sekolah, Rizal lebih suka pergi berjualan dan membaca buku juga majalah bekas di waktu senggang.

“Ya memang majalah bekas tapi kan bisa menambah ilmu,” ujar Rizal pada Kompas.com.

Sumber: regional.kompas.com.

(Visited 213 times, 2 visits today)