Percayalah Bahwa Pernah Terdzalimi Bisa Antarkan Kita Pada Kesuksesan

840 views

Dailymoslem – Menjadi suatu hal yang manusiawi jika kita merasa marah saat didzalimi atau di sakiti dengan cara-cara lain. Kita merasa ingin membalasnya saat itu juga atau bahkan membalas di waktu lain dengan cara yang lebih menyakitkan. Rasanya amarah kita sudah ada di batas tepinya, dan sedikit lagi meledak. Tapi, apakah dengan membalas dendam kita bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat?

Bukankah dengan membalas dendam kita sudah sama saja dengan orang yang berbuat tidak baik itu? Lalu apa istimewanya kita? Alih-alih membalas dendam, lebih baik kita terus lakukan hal baik tidak peduli orang akan mencemooh atau melakukan hal lain yang menyakiti. Kita harus memiliki prinsip bahwa dalam hidup kita harus lebih mulia dari orang lain. Salah satunya adalah dengan tidak mencemooh atau mendzalimi balik.

Rasulullah Shallallahu Alayhi wa Sallam bersabda:

Dan bila ada seseorang memaki dan mencela kamu dengan apa yang ia ketahui tentang dirimu, maka janganlah kamu mencelanya dengan apa yang kamu ketahui tentang dirinya, karena sesungguhnya akibat dari caci-maki itu akan kembali kepadanya.”

 (HR. Abu Daud & At-Tirmidzi dari Abu Juray Jabir bin Sulaim ra)

Ada cara yang lebih elegan untuk menunjukan kekuatan dan kehebatan diri. Yaitu dengan terus berbuat baik pada setiap orang. Buat seolah-olah tidak ada orang yang pernah menyakiti. Lanjutkan pekerjaan dengan sebaik-baiknya dan torehkan prestasi. Toh orang paling kuat adalah orang yang mampu menahan nafsunya kan? Ingat juga bahwa doa orang terdzalimi lebih mudah diijabah oleh Allah. Jadi, Berdoalah yang baik-baik saat merasa tersudut dengan perlakuan tidak baik.

Tetap Semangat!

 

 

(Visited 504 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]
RELATED ITEMS