Perbanyak Puasa Sunnah Di Bulan Sya’ban, Sebagaimana yang Dilakukan Rasulullah

974 views

Dailymoslem – Bulan Sya’ban adalah bulan setelah Rajab dan sebelum Ramadhan. Bulan Sya’ban memiliki banyak keistimewaan yang sering dilalaikan umat muslim, salah satunya adalah di bulan ini amalan semua umat muslim akan diangkat dan dilaporkan kepada Allah Tuhan Seluruh Alam.

(Baca juga: Hari Ini, Matahari Melintas Tepat Di Atas Ka’bah)

Maka, disunnahkan untuk melakukan berbagai amalan di bulan ini, agar pada saat amalan kita dilaporkan kepada Allah, kita sedang melakukan ibadah kepada Allah. Rasulullah sendiri mencontohkan untuk melakukan berbagai ibadah di bulan Sya’ban seperti berpuasa.

Diriwayatkan oleh Nasa’i dan Abu Daud serta dishahihkan oleh Ibnu Huzaimah dari Usamah bin Zaid, dia berkata, saya bertanya: “Wahai Rasulullah, aku tidak melihat engkau (sering) berpuasa dalam satu bulan seperti engkau berpuasa di bulan Sya’ban?”  Beliau bersabda: “Itu adalah bulan yang kebanyakan orang melalaikannya yaitu antara    Rajab dan Ramadhan. Yaitu bulan yang di dalamnya di angkat amalan-amalan kepada Allah, Tuhan seluruh alam. Maka aku ingin amalanku di angkat, aku dalam kondisi berpuasa.” (Dinyatakan hasan   oleh Al-Albany dalam Shahih An-Nasa’i, no. 2221)

Selain itu, banyak berpuasa di bulan Sya’ban juga dapat membiasakan diri kita dalam menyambut bulan Ramadhan. Sebelum kita berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan nanti, ada baiknya kita melatih diri dengan melakukan banyak puasa sunnah di bulan Sya’ban ini, sehingga di bulan Ramadhan nanti kita tidak kemudian kaget dengan rutinitas berpuasa dan tidak dapat produktif sepeprti biasanya.

Selain itu, di bulan Sya’ban kita juga bisa melakukan ibadah lain seperti bersholawat dan berdoa.

Imam Syafii rahimahullah berkata : “Doa mustajab adalah pada 5 malam, yaitu: malam jumat, malam idul Adha, malam Idul Fitri, malam pertama bulan rajab, dan malam nisfu sya’ban.”

Ibnu Abiy as-Shoif al-Yamaniy berkata: “Sesungguhnya bulan Sya’ban adalah bulan sholawat kepada Nabi saw, karena ayat Innallaaha wa malaaikatahuu yushalluuna ‘alan Nabiy … diturunkan pada bulan itu (dikutip dari buku al-Fawaaidul Mukhtaaroh).

 

(Visited 707 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]