Penyakit Jempol Yang Mudah Menular Dan Cara Mengatasinya

771 views Leave a comment
apa itu tabayyun

Dailymoslem – Adanya askses internet dan kecanggihan gadget yang ada saat ini memang mempermudah segala sesuatu. Mulai dari urusan silaturahim hingga urusan sedekah pun terasa lebih mudah. Sayangnya, tidak hanya memberikan kemudahan saja. Kecanggihan teknologi saat ini pun membawa dampak buruk, jika tidak digunakan secara bijaksana.

Salah satunya adalah penyakit jempol yang mudah menyerang siapa saja. Iya, penyakit jempol. Penyakit yang menyebabkan jempol mudah sekali menekan tombol share pada berita-berita yang belum terbukti kebenarannya.

Kemudahan mencari dan menerima informasi melalui gadget membuat banyak orang lebih sering salah pengertian. Hal ini terjadi karena banyak sekali berita yang entah itu benar atau tidak tersebar kemana-mana. Ini mengakibatkan devide et impera mudah terjadi. Tinggal lempar isu ke publik dan terjadilah perpecahan. Ditambah lagi dengan mudahnya cara untuk menyebarkannya. Bahayanya, adalah ketika orang asal membagikan berita tersebut. Sehingga terjadilah kesalah pahaman.

Itulah sebabnya, kita diharuskan untuk selalu tabbayun. Iya, mencari kebenaran informasi sebelum merasa harus mengkomentari atau bertindak. Jadi, pastikan dulu apakah informasi yang didapatkan tersebut adalah benar atau tidak. Sehingga tindakan yang akan kita lakukan kedepannya dapat dipertanggung jawabkan. Bakal malu sekali kan, jika telah bertindak namun ternyata kita sebenarnya gagal paham.

Perintah tabayyun ada dalam Al-Quran, yaitu dalam surat An-Nisa ayat 94. Allah Subahahu wa Ta’ala berfirman,

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu pergi di jalan Allah, maka lakukanlah tabayyun

(An-Nisa:94)

Dengan ber-tabayyun setidaknya, kesalah pahaman jadi bisa dihindari. Tindakan yang dilakukan untuk merespon informasi tersebut dapat dipertanggung jawabkan. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pun memberikan wejangan untuk menjaga lisan agar selalu selamat.

 

(Visited 1 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS